Close

Manchester City vs Borussia Dortmund, Panggung Haaland bersama Sang Mantan

Duel Manchester City vs Borussia Dortmund bakal mewarnai panggung Liga Champions 2022/2023. Laga matchday 2 di Grup G ini akan dilangsungkan di Stadion Etihad, Kamis (15/9) dinihari pukul 02.00 WIB.

Duel yang diprediksi berjalan seru ini akan ada sorotan tajam tertuju ke­pada Erling Haaland.

Striker asal Norwegia itu seperti kita ketahui ada­lah mantan pemain Dort­mund. Kemampuan dan kariernya berkembang ber­sama Si Kuning Hitam.

Penyerang 22 tahun itu musim ini sudah mencetak 12 gol bersama City. Pe­nyerang bernomor pung­gung 9 itu kali ini akan berupaya membobol ga­wang man­tan timnya, Bo­russia Dort­mund yang  dija­ga Ale­xander Meyer.

Erling Haaland sampai saat ini sudah mencetak 2 gol di Liga Champion 2022/2023 bersama Manchester City. Gol tersebut dia le­sakkan ketika timnya me­ngalahkan Sevilla lewat skor 4-0. Saat ini The Citizens memimpin klasemen Grup G bersama Borussia Dortmund, yang sama-sama sudah mengoleksi 3 poin.

Dikutip dari situs web resmi UEFA, pelatih Man­chester City Pep Guardiola mengaku senang dengan performa Erling Haaland.

“Erling Haaland me­miliki penempatan posisi yang luar biasa. Cara men­cari ruang dan finishing juga berkelas,” kata Pep Guardiola, dikutip dari la­man resmi UEFA.

Menarik dinantikan ba­gaimana performa Erling Haaland pada pertandi­ngan Man City vs Borussia Dortmund di Liga Champions nanti, bertemu dengan sang mantan, yang nota­benenya sangat berjasa dalam mengasah kualitas mencetak golnya saat dibo­yong dari RB Salzburg.

Manchester City boleh dibilang memiliki kebu­garan skuad yang lebih siap untuk menghadapi matchday 2 Liga Champion 2022/2023 kontra Borussia Dortmund. Pasalnya The Citizens tidak me­la­koni kompetisi do­mes­tik pa­da akhir pe­kan lalu, sebagai ben­tuk masa berkabung atas me­ninggalnya Ra­tu Elizabeth II.

Di samping itu Man­chester City juga ter­hitung memiliki pro­duktivitas gol yang ba­gus, terutama dengan moncernya kinerja Er­ling Haaland.

Dikutip dari situs web resmi UEFA, pe­latih Manchester City Pep Guardiola menga­ku senang dengan per­forma Erling Haaland. Ia juga yakin anak asuh­­nya tersebut bisa men­cetak lebih banyak gol lagi, termasuk ketika meng­ha­dapi Borussia Dort­mund.

Menurut Guardiola, Er­ling Haaland merupakan penyerang yang luar bia­sa, terutama saat berada dalam kotak penalti. Juru taktik berkebangsaan Spa­nyol itu berharap Haaland bisa terus memper­tahan­kan performa tersebut, terutama di ajang Liga Champion.

“Erling Haaland me­miliki penempatan posisi yang luar biasa. Cara men­cari ruang dan finishing juga berkelas,” kata Pep Guardiola, dikutip dari la­man resmi UEFA.

Hal itu juga sudah disa­dari oleh Borussia Dort­mund yang pernah diper­kuat Erling Haaland. Die Borussen pastinya bakal bekerja ekstra keras untuk menghentikan pergerakan Haaland, serta membatasi agar ia tidak punya banyak peluang mencetak gol.

Tapi Dortmund juga wajib mewaspadai pemain Manchester City lain, yang punya potensi meman­faatkan ruang kosong yang ditinggalkan para bek yang terlalu fokus ke Haaland. Apalagi performa lini bela­kang Die Borussen juga tidak terlalu bagus saat kalah 3-0 dalam lawatan ke markas RB Leipzig.

Winger Borussia Dort­mund, Julian Brandt, me­nga­takan kekalahan dari RB Leipzig menjadi peri­ngatan untuk timnya. Me­reka dianggap terlalu ba­nyak melakukan kesala­han, dan hal ini harus diku­rangi ketika bersua Man­chester City.

“Kami bermain buruk melawan RB Leipzig, kare­na kami terlalu banyak melaku­kan kesalahan. Tapi kami harus bersiap meng­hadapi laga selanjutnya, karena memiliki laga yang menarik [melawan Man­chester Ci­ty],” kata Julian Brand.

Die Borussen yang da­tang ke Stadion Etihad juga tidak bisa dipandang re­meh. Mereka juga telah mengantongi satu keme­nangan di laga perdana. Anak asuh Edin Terzic ini menang 3-0 atas Copen­hagen lewat gol-gol Marco Reus, Raphael Guerreiro dan Jude Bellingham.

Manchester City harus mewaspadai Marco Reus. Pasalnya, pemain ini men­jadi andalan bagi Borussia Dortmund di lini depan pasca ditinggal Erling Haa­land. Meski tak setajam mantan rekannya itu, tapi perannya di lapangan sa­ngat krusial.

Sang kapten telah mem­buat 3 gol dari 8 pertan­dingan musim ini. Lini be­lakang Manchester City tetap wajib mewaspadai pemain sayap satu ini.

Manchester City dipre­diksi bakal bermain dengan pola 4-3-3. Pep Guardiola bisa menurunkan Erling Haaland bersama Phil Fo­den dan Riyad Mahrez di lini depan.

Sementara Borussia Dortmund diperkirakan memasang Anthony Mo­deste sebagai penyerang tunggal, dalam formasi 4-2-3-1. Ia bakal ditopang trio gelandang: Marius Wolf, Marco Reus, dan Julian Brandt. (*/rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top