Menu

Manasik Haji Sepanjang Tahun, Kemenag Tekankan Kebiasaan Patuh pada Prokes

  Dibaca : 338 kali
Manasik Haji Sepanjang Tahun, Kemenag Tekankan Kebiasaan Patuh pada Prokes
PAPARKAN— Kakan Kemenag Kota Bukittinggi Kasmir memaparkan materi kegiatan manasik sepanjang tahun di Gedung Manasik Haji MKS Bukittinggi.

BUKITTINGGI, METERO
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H Kasmir didampingi Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Tri Andriani Djusair dan Kakan Urusan Agama Mandiangin Koto Selayan, Syarifudin, Senin (9/2) menyampaikan materi pada kegiatan Manasik Sepanjang Tahun di Gedung Manasik Haji dan Balai Nikah KUA Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi.

Pada kesempatan tersebut, Kakan Kemenag, H Kasmir menyampaikan, sosialisasi terkait Instruksi Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2021 tentang penerapan 5 M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas dan Interaksi sebagai modal awal yang dibutuhkan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Meskipun vaksin virus Covid-19 telah mulai diedarkan, namun gerakan 5 M tetap harus dilaksanakan agar pandemi cepat berakhir,” tutur Kasmir.

Pada kesempatan tersebut, Kakan Kemenag Kota Bukittinggi didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kepala KUA Mandiangin Koto Selayan dan Petugas Kesehatan, mempraktekkan tata cara pemakaian masker dan mencuci tangan.

“Mari kita terapkan 5 M yang bermanfaat untuk kita semua, keluarga dan masyarakat, apalagi bagi jamaah haji. Dengan terbiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan di Tanah Air, Insyaa Allah akan terbiasa pula nantinya saat beribadah di Tanah Suci.

Semoga seluruh jamaah haji Kota Bukittinggi menjadi jamaah mandiri. Untuk itu, ikutilah kegiatan manasik dengan sunggguh-sungguh. Pelajari dan pahami rukun, syarat dan wajib haji dengan baik. Jaga Iman dan imun, semoga menjadi haji yang mabrur,” ujar Kasmir

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Bukittinggi, Tri Andriani Djusair, menyampaikan, pentingnya pembiasaan penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat, khususnya jamaah haji yang akan melaksanakan ibadah di Tanah Suci.

Penerapan protokol kesehatan di Arab Saudi sangat ketat dan tidak bisa ditawar. Jemaah harus terbiasa menerapkan 5 M sejak sekarang. Kebiasaan tersebut, akan mempengaruhi kedisiplinan dan kepatuhan jamaah terhadap aturan tatkala melaksanakan ibadah haji nantinya.

“Mari sama-sama mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan. Semoga kita semua serta seluruh jamaah senantiasa dalam lindungan Allah dan dijauhkan dari wabah covid-19, sehingga beribadah dalam kondisi sehat, mandiri dan menjadi haji yang mabrur,” harap Djusair. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional