Close

MAN 3 Padang Gelar Acara Pelepasan Siswa Kelas XII, 50 Persen Lulusan 2021 /2022 Diterima PTN

PELEPASAN SISWA— MAN 3 Padang gelar perpisahan dan pelepasan siswa kelas XII tahun ajaran 2021-2022, Rabu (15/6).

PADANG, METRO–Sedikitnya, 50 persen lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang tahun ajaran 2021 – 2022 diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) di dalam maupun di luar Sumbar. Hal iru terungkap dalam pelepasan siswa kelas XII MAN 3 Padang, Rabu (15/6).

Dari 315 siswa lulusan kelas XII MAN 3, yang diterima di perguruan tinggi melalui jalur SPAN PTKIN 120 siswa, SNMPTN 26 sis­wa, SNMPN /Politeknik 6 siswa dan Poltekes Negeri 5 siswa.  Sedangkan, tahun ajaran 2020 – 2021,  SNMPTN 33 siswa, Politeknik 15 siswa, ATIP 5 siswa, Poltekes  7 siswa dan SPANTKIN 79 siswa.

“Semua ini tak telepas dari kemampuan kualitas akademis madrasyah dan kerja keras siswa dalam menuntut ilmu dengan serius,” ungkap Kepala MAN 3 Padang Afrizal SAg.

Afrizal mengatakan, kegiatan pelepasan siswa kelas XII ini sudah dua tahun tidak dilaksanakan di madrasyah ini. Hal itu diakibatkan dari dampak pandemi Covid-19 yang melanda secara global di dunia. Tahun ini kembali digelar dengan tema, “Me­rajut Asa Menjemput Impian, Kerja Keras akan Mengalahkan Bakat, Ketika Bakat Tidak Mampu untuk Bekerja Keras”.

Dikatakan, kelulusan siswa MAN 3 tahun ini men­capai 100 persen. Di mana madrasyah  tak pernah meluluskan siswa, tapi siswa tesebutlah memang lulus dengan usaha dan doa merka. Begitu itu kami sekolah tak pernah me­naik­kan kelas siswanya, akan tetapi  memang mereka layak naik kelas sesuai kemampuan mereka.

Diharapkan, semua alum­ni jangan pernah melupakan MAN 3 Padang, yang pernah mendidik secara akademis serta ekstrakurikuler. “Silahkan melanjutkan pen­didikan sesuai kamauanmu, tapi jangan pernah tak melanjutkan studimu. Kami kelak mengharapkan kamu kem­­bali ke madrasah ini dengan cerita kesuksesanmu,” ujar Afrizal.

Menurut dia, jika dalam kebersamaan siswa dan siswi di MAN 3 ini kalau pernah termarahi, tertegur maka mohon maaf, karena semua itu tak terlepas dari proses belajar dan mengajar (PBM). Namun, kebersamaan selama ini tak luput dari suka dan duka tersebut membawa siswa siswi madrasyah MAN 3 Padang lulus 100 persen.

Kakan Kemenag Kota Padang Edy Oktafiandi mengatakan, dengan peningkatan sarana dan prasarana serta akademis membuat madrasyah ini menjadi impian masyarakat Kota Padang untuk melanjutkan pendidikan anak anaknya ke madrasyah MAN 3.

“Khusus terhadap anak-anak yang lulus ta­hun ini, sebelumnya kalian memiliki pikiran yang sederhana dan penampilan yang musih  kanak kanak, tapi sekarang sudah lulus di MAN 3 Padang. Selanjutnya, kalian akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diimpikan,” ujar Edy. (boy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top