Menu

MAN 1 Padang Gelar Lokakarya PPKB tahun 2020

  Dibaca : 381 kali
MAN 1 Padang Gelar Lokakarya PPKB tahun 2020
LOKAKARYA—Peserta Lokakarya Program  PPKB tahun 2020 bersama Kepala  Kanwil Kemenag Sumbar.H. Hendri, S. Ag, M. Pd. dan Kepala MAN 1 Padang, Hj.Marliza, S.Pd, M.Pd

PADANG, METRO
MAN 1 Kota Padang mengadakan Kegiatan Lokakarya atau Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) tahun 2020, yang dilaksanakan dari  tanggal (2-4 /3) di Rocky Plaza Hotel.

Lokakarya mengusung Tema “Menjawab tantangan Era Revolusi Industri 4.0 Kita siapkan GTK yang Inovatif,Kreatif serta Kompetitif melalui Literasi Berbasis IT”. Narasumber Lokakarya menghadirkan,  Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Drs.H. Marjanis,M.Pd dengan materi, “Srategi Kementerian Agama Kota Padang di era 4.0 dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”.

Sedangkan Narasumber Nasional yang hadir, Wulan Mulya P dengan materi, “Membuat Outline dan Praktek (Diberikan juga Pengenalan tentang Jenis Karya Tulis berdasarkan Genre dan Mind Mapping). Narasumber Nasional lainnya, dari Sahabat Hosting Indonesia, Endo Putra dengan materi, “Pengenalan Blog, Praktek Membuat Blog, Mengatur Tampilan Blog, Praktek Membuat Postingan dan Menu,Tips Pengelolaan Blog, Pengenalan Domain”.

Juga ada narasumber lainnya yang membahas seputar penerbit, praktek menulis non fiksi populer, pengumpulan tulisan yang akan dipublikasikan (antologi).

Kegiatan Lokakarya atau PPKB ditutup Rabu (4/3) oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar, H. Hendri, S. Ag, M. Pd. Kepala MAN 1 Padang, Hj. Marliza, S.Pd, M.Pd  mengatakan, kegiatan lokakarya ini dilakukan untuk mengevaluasi kegiatan atau program yang sudah dilaksanakan.

“Kemudian dari program tersebut hal–hal yang menjadi masalah dan kendala akan dicari solusinya untuk ke depan, sampai kita mempersiapkan program –program untuk satu tahun ke depan. Yakni menyonsong tahun ajaran baru 2020/2021, dalam hal kegiatan yang penting dan sangat urgen sekali,” ujarnya.

Sebanyak 115 peserta dapat melaksanakan kegiatan lokakarya ini secara sungguh-sungguh. “Untuk itu kita berharap apa yang sudah dilaksanakan dan kita rumuskan Insya Allah, akan kita realisasikan dan kita wujudkan sesuai dengan yang kita programkan,” harapnya.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar, H. Hendri, S. Ag, M. Pd, memberikan apreasiasi kepada Kepala MAN 1 Padang beserta guru – guru, atas terselenggaranya kegiatan lokakarya ini. Dengan moto “Madrasah Hebat dan Martabat”, maka menjadi Guru itu profesi yang sangat mulia.

“Hanya dengan ilmu dan iman diangkat derajatnya. Untuk itu guru harus hebat, maka anak didik menjadi hebat juga. Untuk menjadi guru hebat itu adalah guru yang mampu membangun jembatan hati antara guru dan anak didik. Guru mampu menkomunikasikan tujuan dan harapannya secara eklusif dengan harapan anak menjadi cerdas,” ujarnya.

Guru yang hebat itu menurutnya, mampu menyiapkan, menyajikan bahan ajar yang menarik, menantang, memikat,  dan memukau. Guru yang hebat itu adalah guru yang mampu mendorong anak berpikir kritis, kreatif  dan membuat anak berani mengungkapkan idenya, pikirnya, ilmunya dan wawasannya. Sehinga guru dan anak tidak ada lagi batasan yang mebuat jarak dan jauh guru dan anak.

Guru yang hebat itu mampu melakukan aktualisasi dengan dunia nyata. Materi yang diajarkan dikembangkan dengan sosial budaya agama. Untuk itu guru dituntut kepiawaiannya, sehingga menjadi  menarik dan dinamis yang disampaikan kepada anak.

“Guru yang hebat itu mampu memasuki dunia anak dan tidak memaksakan dunia guru kepada anak. Kita harus melihat anak dari kacamata anak, kita masuk ke dunia anak kita bisa mempengaruhi, bisa kita warnai secara bersifat postif. Maka dengan indakator ini kita bisa menjadi guru yang hebat serta menjadikan anak yang hebat  perlu maksimalkan dari tenaga pendidikan dan yang terkait lainnya,” ujarnya.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional