Close

Maling Kotak Amal di Masjid Istiqamah, Jalan H Agus Salim Terekam CCTV, Pelakunya Berbaju Batik dan Berkain Sarung, Modusnya Pura-pura Shalat Dhuha

PADANG, METRO–Aksi pencurian kotak amal di masjid kembali terjadi. Kali ini, pencurian kotak amal yang dilakukan seorang pria berbaju batik dan berkain sarung di Masjid Istiqamah, Jalan H Agus Salim, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Rabu (21/9) sekitar pukul 07.00 WIB.

Usai melakukan aksinya, maling kotak amal itu kemudian keluar dari masjid dan melarikan diri. Namun, pria yang tak diketahui identitasnya itu tak sadar jika aksinya mengambil uang dari kotak amal, terekam kamera CCTV yang terpasang di masjid tersebut. Video rekaman CCTV itu pun diposting ke media sosial hingga menjadi viral.

Dari video yang diunggah oleh salah satu akun media sosial Instagram tersebut memperlihatkan seorang sosok laki-laki yang masuk ke masjid dan mengambil kotak amal yang dimasukkan ke dalam kain sarungnya. Sebelum melancarkan aksinya, maling itu sempat melaksanakan salat dua rakaat setelah itu barulah diambil kotak amal dan dibawa ke toilet wanita.

Di dalam toilet wanita itulah, maling tersebut selanjutnya memecahkan kaca kotak amal lalu menguras habis uang di dalam kotak amal. Setelah itu, pelaku kabur dari lokasi dan meninggalkan kotak amal dalam kondisi sudah berserakan di dalam toilet wanita di masjid tersebut.

Gharin atau marboet Masjid Istiqomah, Muhammad Togap ketika diwawancarai wartawan mengatakan, aksi pencurian uang kotak amal itu terjadi setelah shalat subuh dan sudah pagi. Bahkan, ia yang menjaga masjid itu tak menyadari jika satu kotak amal tak lagi berada di tempatnya.

“Setelah shalat subuh, saya membaca Alquran lalu ketiduran, dan tidak menyadarinya. Tetapi  sebelum zuhur, saya merasa ada yang janggal karena kotak amal hilang satu. Setelah itu saya mencari-cari, dan ternyata kotak amal berada di dalam tempat wudu wanita dengan keadaan kosong dan kaca yang pecah,” kata Togap.

Setelah menemukan kotak amal yang dicuri, dijelaskan Togap, ia kemudian mencek rekaman CCTV yang terpasang di masjid. Alhasil, terlihatlah siapa yang telah mencuri kotak amal tersebut. Bahkan, bahkan dari rekaman CCTV tersebut terlihat juga sebelum melancarkan aksinya, pelaku shalat dhuha dua rakaat.

“Untuk isi dari kotak amal yang dicuri, saya tidak mengetahui secara persis namun kemungkinan berkisar antara Rp 300-500 ribu. Saya baru 5 bulan di sini, dan kejadian seperti ini sudah acap kali terjadi, mungkin susah ada 2 sampai 3 kali. Pengurus masjid juga akan melaporkan aksi pencurian ini ke Polisi,” ujar Togap.

Sementara, Kasat Reskrim Polresta Padang Kompol Dedy Andriansyah Putra mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan salinan video rekaman CCT yang memperlihatkan aksi pencurian kotak amal di masjid tersebut. Untuk memprosesnya, ia pun meminta agar pihak yang merasa dirugikan untuk melapor.

“Saya minta segera laporkan ke Polresta Padang.  Insya Allah akan ditangkap pelakunya karena wajah pelakunya terekam sangat jelas oleh CCTV. Kepada penjaga masjid, saya harap untuk waspada dan agar aksi pencurian kotak amal masjid tidak terjadi lagi,” pungkasnya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top