Menu

Maling di UNP, Buyuang Samad Dicokok

  Dibaca : 1307 kali
Maling di UNP, Buyuang Samad Dicokok
CURI PROYEKTOR— Pelaku pencurian bernama Ronald Raja alias Buyuang Samad dibekuk polisi usai melakukan pencurian di kampus UNP.

PADANG, METRO – Dalam waktu beberapa jam, Tim Opsnal Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Padang berhasil mengungkap kasus pencurian barang elektronik, tiga unit proyektor di Kampus Universitas Negeri Padang (UNP).

Dalam pengungkapan kasus, petugas membekuk otak pelaku pencurian yang diketahui bernama Ronald Raja alias Buyung Samad (34), di Jalan Cendrawasih Gang Guram, Kelurahan Air Tawar Barat, Rabu (24/10) sekitar pukul 17.30 WIB.

Ketika dilakukan penggeledahan di rumahnya, petugas juga menyita tiga unit proyektor yang digunakan untuk perkuliahan, yang dicuri pelaku dari kampus UNP. Setelah itu, pelaku bersama barang bukti digiring ke Mapolresta Padang.

Penangkapan Buyuang Samad berawal laproan polisi nomor LP/2340/K/X/2018/SPKT Unit II, tanggal 24 Oktober 2018. Pihak kampus UNP melapor terjadi aksi pencurian di lingkungan kampus. Pencuri berhasil menggondol tiga unit proyektor.

Dari laporan itu, petugas kemudian melakukan penyelidikan dengan memintai keterangan saksi-saksi, salah satunya pihak keamanan kampus. Hasil pemeriksaan, ternyata ada salah seorang Satpam yang melihat pelaku membawa kabur proyektor, namun saat dikejar pelaku berhasil melarikan diri.

Dari keterangan Satpam itu, petugas mengetahui ciri-ciri pelaku dan dicocokkan dengan identitas. Petugas langsung mendatangi kediaman pelaku yang berada tidak jauh dari kampus dan dengan mudah membekuk pelaku Buyuang Samad.

Saat ditangkap, pelaku sempat membantah tuduhan petugas. Namun, petugas yang sudah memastikan kalau ia merupakan otak pelaku, kemudian melakukan penggeledahan di dalam rumahnya. Alhasil, petugas mendapatkan tiga unit proyektor yang dicurinya dari kampus itu di dalam rumahnya.

“Saat barang bukti itu kita temukan, pelaku tidak bisa lagi mengelak. Pelaku akhirnya mengakui perbuatannya. Ia nekat melakukan pencurian karena membutuhkan uang mengingat pelaku ini hanya bekerja serabutan saja,” kata Kasat Reskrim Polresta Padang, AKP Edriyan Wiguna.

AKP Edriyan Wiguna menambahkan setelah ditemukan barang bukti tersebut, pelaku kemudian digiring ke Mapolresta Padang. Pengungkapan kasus ini, dapat dilakukan pada hari itu saja, karena ada keterangan saksi kunci yang sempat melihat pelaku melakukan pencurian di kampus.

“Pelaku melakukan aksinya seorang diri. Pelaku kita tangkap pada hari terjadinya pencurian itu. Rencananya, proyektor itu akan dijual pelaku untuk mendapatkan uang. Pelaku akan dijerat pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman lima tahun kurungan penjara,” pungkasnya. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional