Menu

Maksimalkan Pengelolaan Sumber Daya Alam Sijunjung, Gaet Investor, Benny Temui Menteri Investasi

  Dibaca : 98 kali
Maksimalkan Pengelolaan Sumber Daya Alam Sijunjung, Gaet Investor, Benny Temui Menteri Investasi
Bupati Sijunjung Benny Dwifa berdialog dengan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia.

SIJUNJUNG, METRO–Memaksimalkan pe­nge­lolaan potensi daerah melalui sumber daya alam (SDA), Bupati Sijunjung Benny Dwifa berdialog de­ngan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Perte­muan itu bertujuan agar sejumlah potensi yang ada di Sijunjung bisa dikelola untuk percepatan pemba­ngunan daerah.

Benny Dwifa bertemu langsung dengan menteri Bahlil Lahadalia di gedung VIP Bandara International Minangkabau (BIM). Di­sana bupati Sijunjung me­ma­parkan sejumlah program yang bisa digarap di Sijunjung dengan meman­faatkan sumber daya alam yang ada.

“Sijunjung memiliki se­jumlah potensi sumber daya alam yang memadai. Jika itu bisa dikelola dengan baik maka akan berdam­pak pada percepatan pem­bangunan daerah. Seperti halnya bahan baku semen atau batu kapur yang ter­bentang sepanjang bukit barisan, Migas, batubara biji besi dan SDA lainnya,” tutur Benny Dwifa.

Selain potensi sumber daya alam, Sijunjung juga memiliki potensi pada sek­tor pertanian. “Dari sektor pertanian dan perkebunan kita di Sijunjung juga sangat memadai. Ini salah satu langkah agar potensi yang ada bisa tereksplorasi de­ngan tepat dan benar,” paparnya.

Pertemuan dengan men­teri Investasi/Kepala Ba­dan Koordinasi Penana­man Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia itu dilakukan agar pemerintah pusat bisa menjembatani Pemkab Si­jun­j­ung dengan investor.

“Potensi sudah kita pa­par­kan, dan berharap pe­me­rintah pusat baik pro­vinsi bisa menyalurkan kepada investor yang ter­tarik dengan potensi yang kita miliki,” ujarnya.

Benny menyadari bah­wa, kemajuan pemba­ngu­nan di Sijunjung akan cepat terealisasi jika sumber da­ya yang potensial bisa dimanfaatkan. “Untuk per­cepatan pembangunan ini sangat kita butuhkan, ka­rena pembangunan Sijun­jung tidak akan bisa te­realisasi jika kita hanya pertopang pada APBD sa­ja. Sedangkan kita memiliki sumber daya alam yang mumpuni,” terang Bupati Benny Dwifa.

Pada pertemuan itu, Men­teri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Pena­na­man Mo­dal (BKPM) Bah­lil Lahadalia, menekankan pen­ting­nya kolaborasi an­tara peme­rintah pusat dan daerah dalam menangani kendala investasi, khusus­nya terkait ketersediaan lahan.

“Peran masing-masing sangat penting. Mana yang tugas pemerintah daerah, mana yang pemerintah pusat. Karena pusat tidak bisa mengurus tanah di daerah, yang tahu kan Gu­bernur dan para Bupa­tinya,” kata Benny men­jelaskan.

“Maka dari itu kita sa­ngat membutuhkan duku­ngan dan kerjasama dari semua pihak agar peng­garapan potensi daerah bisa terlaksana dengan baik. InsyaAllah Sijunjung siap dan membuka pintu untuk investor,” tambah­nya. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional