Close

Maknai Semangat dan Komitmen Sabiduak Sadayuang di Kota Pariaman

TINJAU—Wali Kota Pariaman Genius Umar saat meninjau jalan yang akan dibangun.

Wako Pariaman H Genius Umar menyatakan membangun daerah semangat dan komitmen sangat penting agar dapat terujud sebagaimana yang dicita cita bersama semua pihak dalam Kota Pariaman.

Artinya, makna lambang Kota Pariaman sabiduak sadayuang tercermin dari berbagai aktivitas masyarakatnya.

“Begitu juga dalam mem­bangun daerah bersama Pemerintah Kota Pariaman, yang juga di ibaratkan dengan nilai rasa gotong royong yang tinggi,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin.

Katanya, hal tersebut berarti masyarakat Kota Pariaman lebih mementingkan kepentingan bersama (umum), dibandingkan kepentingan pribadi.

“Kita dapat kita menjumpai dari berbagai aktivitas masyarakatnya, seperti badoncek/badantam dalam pesta pernikahan, penyelenggaraan jenazah, membangun rumah ibadah, membangun fasilitas umum dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Basamo kito mangko manjadi (bersama-sama mewujudkan sesuatu), “ begitu kata Genius saat berada di lokasi pinggir Sungai Batang Mangau.

Lebih lanjut, ungkap Genius, dalam setiap mem­bangun wilayah da­lam Kota Pariaman, ia selalu melibatkan tokoh ma­syarakat, niniak mamak dan pemangku adat. Hal ini bertujuan menciptakan nilai kepedulian terhadap sanak kemenakannya yang berdomisili disekitar area lokasi pembangunan yang kita bangun.

“Contohnya saja, mem­bangun membuka jalan untuk waterfront city di­sepanjang aliran sungai batang mangau ini, kita rangkul semua tokoh ma­syarakat dan niniak mamak dalam wilayah Kurai Taji ini, kita libatkan langsung tokoh masyarakat dalam setiap kegiatan,” ujar Genius.

Bahkan, sambung Genius, salah satunya yakni Bapak H. Hermansyah KR, se­orang pengusaha di Ja­karta yang merupakan pri­bumi Desa Batang Ta­jong­­kek ini sengaja pulang kam­­pung ketika mengeta­hui ada pembangunan di kam­pung yang ia cintai untuk memberikan dukungan pe­nuh kepada Pemerintah Kota Pariaman dalam mem­­­bangun dan me­nge­m­­bang­kan ber­­­bagai pro­­gram men­du­­kung pe­ning­­ka­tan eko­nomi masya­ra­kat.

“Kita ucapkan terima kasih atas dukungan dari para tokoh masyarakat, niniak mamak, kepala de­sa dan perangkatnya atas dukungan dalam pembangunan kawasan Waterfornt City ini, kepada perantau yang berasal dari Kota Pariaman juga kita harapkan untuk terus men­dukung juga agar kita mam­pu wujudkan Kota Pa­ria­man yang indah, dan me­miliki dampak pertumbuhan ekonomi bagi mas­yarakat,” tutur Genius meng­akhiri pem­bica­raan­nya.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top