Menu

Makmurkan Masjid, Bupati Solsel Adakan Subuh Keliling

  Dibaca : 112 kali
Makmurkan Masjid, Bupati Solsel Adakan Subuh Keliling
SILATURAHMI— Bupati Solsel Muzni Zakaria saat bersilaturahmi saat melaksanakan subuh berjamaah di Masjid Raya Taratak Bukareh, Kecamatan Pauah Duo.

Pagi itu, Rabu (9/1) suasana berbeda sangat terasa di Masjid Raya Taratak Bukareh, Nagari Pauah Duo Nan Batigo, Kecamatan Pauah Duo, Kabupaten Solok Selatan (Solsel). Bagaimana tidak, orang nomor satu di Solsel itu berkunjung ke “Rumah Allah” tersebut. Dia tidak datang sendirian, tapi membawa rombongan yang banyak untuk melaksanakan Subuh Berjamaah.

Sekitar 300 jemaah memadati Masjid di Tararatak Bukareh itu, mereka bukan saja dari warga sekitar, tapi dari beberapa masjid tetangga. Bupati Solsel dan keluarga, bersama beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) datang bersama rombongan ditambah sebanyak empat unit bus. Menariknya, jamaah yang hadir tidak hanya berasal dari masjid tersebut serta masjid sekitarnya, tetapi juga mendatangkan jamaah dari kecamatan lain. Usai Subuh berjamaah dan silaturahim, jamaah juga menikmati makan sate bersama Bupati dan jajarannya.

Bupati Solsel, H Muzni Zakaria mengatakan, bahwa kegiatan “Subuh Berjamaah Keliling” yang rutin diadakan tersebut merupakan salah satu usaha dalam mengajak masyarakat untuk meramaikan masjid, khususnya diwaktu shalat Subuh. “Kita akan terus berupaya melakukan usaha-usaha meramaikan masjid-masjid Allah, seperti melakukan subuh berjamaah keliling di antara masjid ke masjid, “ ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan yang telah beberapa kali diadakan tersebut berawal dari keprihatinan melihat banyaknya masjid-masjid yang sepi dari jamaah, khususnya jamaah shalat Subuh. Sehingga perlu dilakukan terobosan-terobosan baru untuk mengajak masyarakat untuk datang ke masjid. “Usai silaturahim setelah subuh berjamaah, kita juga ajak jamaah untuk sarapan makan sate bersama,” ungkapnya.

Tokoh masyarakat setempat, H Ilyas Yatim, yang juga pengurus masjid tersebut menyatakan dukungan dan apresiasinya atas usaha yang dilakukan oleh Bupati Solsel beserta jajarannya. Diakuinya, bahwa menakmurkan masjid jauh lebih sulit daripada membangun fisik masjid itu sendiri. “Insyaa Allah kegiatan ini bentuk nyata dan usaha memakmurkan masjid-masjid Allah, ini harus kita dukung bersama,” jelasnya.

Salah seorang jamaah dari Masjid Raya Alam Surambi Sungai Pagu, Kecamatan Sungai Pagu, Zulkarnaini Al-Hafdz, menyebutkan bahwa subuh berjamaah keliling ini juga dapat meningkatkan silaturahim diantara jamaah yang ada “Alhamdulillah kegiatan ini membuat silaturahim diantara sesama jamaah berbagai masjid dan juga dengan pimpinan daerah dapat terlaksana dengan baik,” sebutnya.

Kegiatan subuh berjamaah ini, akan terus berlanjut dan tidak dilaksanakan di hari sama, tapi kegiatan ini menyasar masjid-masjid yang ada. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional