Menu

Makan Bajamba Meriahkan HUT Kota Sawahlunto , Lautan Manusia Padati Lapangan Segitiga Ombilin

  Dibaca : 81 kali
Makan Bajamba Meriahkan HUT Kota Sawahlunto , Lautan Manusia Padati Lapangan Segitiga Ombilin
DIARAK— Wali Kota Sawahlunto Deri Asta bersama Wakil Wali Kota Sawahlunto, Zohirin Sayuty, Ketua DPRD Eka Wahyu, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah diarak menuju lokasi makan bajamba dalam memeriahkan HUT Kota Sawahlunto ke-131.

SAWAHLUNTO, METRO – Lautan manusia padati agenda makan bajamba yang digelar memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Sawahlunto ke-131 di kawasan Lapangan Segitiga Ombilin, minggu (1/12).

Gemuruh tambur diiringi beberapa wanita berpakaian Songket Silungkang menemani Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta bersama Wakil Wali Kota, Zohirin Sayuty yang diarak dari Pasar Remaja menuju pusat makan bajamba, tepat di depan Gedung PTBA UPO.

Dalam kegiatan makan bajamba tersebut, disajikan berbagai masakan asli Sawahlunto yang dikenal dengan kelezatannya. Masyarakat, Bundo Kanduang, Pemuka Adat hingga para stakeholder Kota duduk bersama menikmati makanan yang disajikan. Petatah petitih adat hingga berpakaian adat Minang menjadikan agenda tersebut tepat disebut Pesta Rakyat Minang dalam menyambut HUT Kota Sawahlunto.

Mengenakan Songket Silungkang hitam dihiasi selempang berwarna emas, Deri Asta menyambut para tamu dari podiom dengan beberapa patah kata. Salah satu tamunya ialah Wali Kota Padang, Mahyeldi.

Deri mengatakan, betapa pentingnya mengenang sejarah lahir dari Kota Sawahlunto sendiri, kota yang diawali oleh sekumpulan komunitas para penambang pada 131 tahun silam. Ia mengharapkan dengan diadakannya serangkaian acara yang digelar dua bulan ini dapat memberikan kekuatan bagi pemerintah dan masyarakat dalam membangun Kota Sawahlunto lebih baik kedepannya.

“Dengan silaturahmi ini kita harap tercipta pandangan, cita – cita dan pemikiran dengan semangat yang sama dalam mewujukan sawahlunto yang lebih baik, semua cita-cita dan harapan tersebut juga telah kita tuangkam dalam visi dan misi pada RPJMD 2018 – 2023,” kata Deri dalam pidatonya.

Sementara, Ketua DPRD Sawahlunto, Eka Wahyu dalam sambutannya mengatakan kegiatan makan bajamba dalam memeriahkan HJK Sawahlunto ini diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat dan mempunyai nilai budaya yang harus dilestarikan.

EkaWahyu menambahkan, banyak makna yang tersirat dalam serangkaian agenda HUT Kota ini, diantaranya adalah dengan bekerja sama kita akan mendapatkan hasil lebih baik dan juga dalam membangun Sawahlunto kedepan.

“Jangan serahkan pembangunan pada Walikota saja, namun kita harus bersatu dalam mewujudkan Sawahlunto yang lebih baik kedepan. Dengan Berkontribusi aktif, berkomunikasi dengan baik kami yakin nantinya akan terwujud apa yang kita impikan,” kata Eka Wahyu. (zek)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional