Close

Majukan Pariwisata Dari Segala Sisi Pembangunan, Motivasi Pelatihan Desa Wisata dan Berikan Pelatihan untuk Keluarga Penerima Manfaat di Kota Pariaman

ARAHAN—Walikota Genius Umar berikan arhan pada peserta pelatihan.

Laporan: Efanurza Kota Pariaman

memajukan pariwisata Kota Pariaman segala lini digerakan Walikota Pariaman H Genius Umar. Semua itu dilakukan untuk pecapaian visi dan misinya sebagai kepala daerah menjadikan Kota Pariaman sebagai tujuan wisata dengan segala sisi pembangunan.   Makanya, Walikota Pariaman Genius Umar berikan motivasi dalam pelatihan desa wisata” dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Kali ini melalui pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Pekanbaru.

“Pelatihan kita laksanakan selama lima hari, sejak tanggal selama empat har ini. Ini kita lakukan karena Kota Pariaman sebagai Kota Maritim memiliki objek wisata yang sangat luar biasa dan mempesona jika kitamampu menjaga dan mengelolanya,” kata Walikota Pariaman Genius Umar, kemarin.

Pemko Pariaman sat ini jelasnya, sedang giat-giatnya membangun sektor wisata. Masyarakat adalah salah satu unsur penting pemangku kepentingan untuk bersama-sama dengan Pemerintah dan kalangan usaha/ swasta bersinergi melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan..

Untuk itu, pembangunan kepariwisataan harus memperhatikan posisi, potensi dan peran masyarakat baik sebagai subjek atau pelaku maupun penerima manfaat pengembangan, karenadukungan masyarakat turut menentukan keberhasilan jangka panjang pengembangan kepariwisataan.

Genius inginkan desa/kelurahan mampu angkat potensi desa menjadi sport wisata yang berkonsep. Seperti Sport Tourism, Desa Wisata Nelayan, dan Desa Wisata Edukasi. Sehingga hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pariaman.

Kemudian Genius Umar juga membuka pelatihan pemberdayaan masyarakat bidang usaha makanan dan minuman khas Kota Pariaman yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang bekerjasama dengan Dinas Sosial Kota Pariaman bertempat di Aula Kantor Dinas P3AKB Kota Pariaman.

“Ini dan hari ini kita melakukan pelatihan  terhadap 30 orang Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) se-Kecamatan Pariaman Utara di bidang usaha makanan dan minuman khas Pariaman. Kita melakukan pelatihan ini juga untuk pendukung pariwisata ,” ujarnya.

Dengan bekal kewirausahaan ini diharapkan anggota PKH di Kota Pariaman bisa membuat usaha sendiri sehingga bisa menambah pendapatan keluarga serta membawa mereka keluar dari kemiskinan.

Dikatakannya, Pemko Pariaman banyak memiliki program untuk penanggulangan kemiskinan.  Hampir semua warga Kota Pariaman itu menerima bantuan secara merata baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

Namun, lanjut Genius, kita tidak harus menunggu bantuan itu untuk menanggulangi kemiskinan. Oleh sebab itu, Pemko Pariaman membuat program pendidikan gratis Program Wajib Belajar 12 tahun dan Program Saga Saja bagi warga Kota Pariaman kurang mampu.

Apalagi terkait angka kemiskinan di Kota Pariaman, menurut data, warga dengan status kemiskinan ekstrim di Kota Pariaman itu berjumlah 250 orang. Kita ingin tahun ini kita tuntaskan semuanya. “Sekarang kita sedang mendata by name by adress, siapa dan dimana alamat warga yang masuk kategori kemiskinan ekstrim ini,” ulasnya.

Genius menyampaikan ucapan terima kasih kepada BBPPKS Padang yang telah menggelar pelatihan ini. Genius berharap peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius sampai selesai,  mudah-mudahan setelah pelatihan ini para peserta bisa membuka usaha sendiri sehingga dapat menambah ekonomi keluarganya.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top