Menu

Mahyeldi Instruksikan Warga Padang Pakai Masker, Pendatang Diminta tetap Jaga Jarak

  Dibaca : 158 kali
Mahyeldi Instruksikan Warga Padang Pakai Masker, Pendatang Diminta tetap Jaga Jarak
H Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo, Wali Kota Padang

PADANG, METRO
Wali Kota Padang H Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo mengeluarkan instruksi kepada seluruh warga Kota Padang tentang pemakaian masker dalam upaya pencegahan penularan covid-19 di Kota Padang. Ada lima instruksi Wako agar dipatuhi warga.

“Kami instruksikan, pertama, diwajibkan menggunakan masker kepada seluruh masyarakat ketika beraktivitas atau ketika berada di luar rumah. Untuk kepentingan yang mendesak, seperti membeli makanan, atau pangan, berobat, atau ke apotek atau untuk keperluan yang mendesak lainnya, wajib menggunakan masker,” kata Mahyeldi, Senin (31/8) yang kembali diunggah laman facebook Humas Pemko Padang.

Kedua, kata wali kota yang baru mendapatkan penghargaan Pembina BUMD terbaik ini, diwajibkan kepada masyarakat yang berasal dari luar daerah yang akan memasuki Kota Padang untuk memakai masker dan menjaga jarak aman selama berada dalam kendaraan.

“Ketiga, masyarakat diminta untuk memakai masker yang terbuat dari kain minimal dua lapis yang dapat dicuci kembali. Tujuannya untuk menghindari kelangkaan masker yang digunakan oleh tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanggulangan masa pandemi Covid-19 ini,” kata Mahyeldi yang disebut-sebut memiliki peluang menjadi Gubernur Sumbar ini.

Keempat, kata Mahyeldi lagi, bagi masyarakat yang kedapatan ke luar rumah tanpa memakai masker akan dikenakan denda. “Dendanya berupa menyerahkan dua buah masker, satu untuk yang bersangkutan dan yang satu lagi untuk masyarakat yang belum memiliki masker,” kata kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Instruksi terakhir atau kelima, sebut Mahyeldi, diminta kepada pengurus RT (rukun tetangga) dan RW (rukun warga) untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya Covid-19 dan manfaat menggunakan masker ketika beraktivitas atau berada di luar rumah. Jangan sampai warga tidak mengetahui bahaya virus yang telah melanda dunia ini.

“Kami berpesan kepada semua warga jaga diri dan jaga lingkungan secara bersama-sama dan kekeluargaan. Mudah-mudahan dengan instruksi Wali Kota ini, maka semua warga Kota Padang dan juga warga yang datang ke Kota Padang, akan meningkatkan kesadarannya demi untuk upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Demikian, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Wassalam,” tutupnya.

Sebelumnya, perantau yang baru tiba di Padang agar segera melapor ke RT, sebaliknya RT dan RW diminta juga proaktif mengawasi warga yang baru pulang dari daerah terjangkit. Menurut Mahyeldi, perlu dilakukan pengawasan ketat pada tingkat RT untuk mencegah menyebarnya wabah corona terutama bagi warga yang baru pulang dari daerah terjangkit.

Dia juga mendorong lurah meminta pengurus masjid di lingkungan masing-masing menyampaikan pengumuman agar warga yang baru pulang dari daerah terjangkit melapor dan melakukan isolasi mandiri. “Kerelaan melapor akan membantu menekan penyebaran corona dan membantu pemerintah melakukan pencegahan,” kata Mahyeldi. (uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional