Menu

Mahyeldi dan Refrizal Dukung Pembangunan Tol Sumbar-Riau, Percepat Pertumbuhan Ekonomi

  Dibaca : 118 kali
Mahyeldi dan Refrizal Dukung Pembangunan Tol Sumbar-Riau, Percepat Pertumbuhan Ekonomi
TINJAU TOL— Cagub Sumbar H Mahyeldi Ansharullah SP Dt Marajo dan Cabup Padangpariaman H Refrizal meninjau pembangunan jalan tol Sumbar-Riau di Batang Anai, Padangpariaman.

PADANGPARIAMAN, METRO
Calon Gubernur (Cagub) Sumbar H Mahyeldi Ansharullah SP Dt Marajo mendukung penuh pembangunan jalan tol Sumbar-Riau yang kini masih dalam tahap pembangunan Padangpariaman-Bukittinggi. Menurutnya, jalan tol bisa membuat pertumbuhan ekonomi lebih cepat dan dapat mengurai kemacetan panjang di jalan Padang-Bukittinggi yang berlarut-larut.

Hal itu terlihat saat Cagub yang maju dengan Cawagub Audy Joinaldy bersama calon Bupati Padangpariaman H Refrizal mengunjungi lokasi pembangunan tol di Batang Anai, Padangpariaman, Jumat (9/10) sore. Turut hadir ketua tim Pemenangan Cabup-Cawabup Padangpariaman Refrizal-Happy Neldy, H Dasril dan anggota tim lainnya.

Mahyeldi bertekad akan memaksimalkan pembangunan tol Sumbar-Riau andai terpilih menjadi Gubernur Sumbar pada Pilgub 9 Desember 2020. Karena dia melihat, banyak keuntungan yang didapat dari jalan tol, tapi jangan sampai merugikan warga pemilik lahan dan juga warga di Kabupaten/Kota yang dilewati oleh pembangunan jalan tanpa hambatan ini.

“Kami melihat program pembangunan tol ini sudah kembali dimulai, meski sempat terhambat beberapa waktu lalu. Yang jelas jangan sampai pembangunan tol merugikan warga sekitar. Saat dibangun dan pascadibangun, warga di sekitar jalan harus menjadi pihak yang paling diuntungkan dari megaproyek ini,” kata Wali Kota Padang dua periode ini.

Bersama Refrizal yang sudah tiga periode menjadi anggota DPR RI, Mahyeldi melihat, program tol ini adalah salah satu langkah penting agar Sumbar bisa lebih baik lagi. “Kami melihat sekarang sudah jalan dari Batang Anai ke Sicincin, dan akan terus ke Bukittinggi. Selanjutnya ke Limapuluh Kota dan tersambung ke Riau. Tentu banyak daerah yang akan dilewati,” kata Mahyeldi yang diusung koalisi PKS-PPP ini.

Refrizal menambahkan, peninjauan pembangunan tol bersama Cagub Mahyeldi itu sebenarnya tidak direncanakan jauh-jauh hari. Agenda itu mendadak saja, karena kedua pihak merasa, tol itu adalah salah satu kunci dalam menyukseskan pembangunan andai terpilih sebagai Gubernur Sumbar dan Bupati Padangpariaman mendatang.

“Kami meninjau pembangunan jalan dari kawasan Batang Anai saja. Kami kemarin juga ingin memastikan, tanah yang dilalui adalah milik warga Padangpariaman dan jangan sampai ada yang dirugikan. Kami ingin, penggantian lahan ini menguntungkan warga, bukan merugikan. Insya Allah kami akan tetap kawal ini andai jadi Bupati nanti,” kata kader senior PKS ini.

Refrizal menyebutkan, saat menjadi anggota Fraksi PKS DPR RI dia orang pertama yang mengajak Menteri BUMN Rini Soemarno mengunjungi Padangpariaman dan memastikan lokasi pembangunannya. Karena jalur ini sangat berguna dalam mengurai kemacetan dan diminta masuk dalam skala prioritas pembangunan di kawasan Sumatra.

“Alhamdulillah, hal itu dapat terlaksana sekarang meski sedikit agak lambat. Apalagi pengerjaan jalan tol yang sama-sama dimulai, Pekanbaru-Dumai sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi bulan lalu. Tak masalah, kami minta semua pihak lebih fokus dalam penyelesaian lahan dan juga pembangunannya,” kata ketua umum PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Piaman) ini.

Refrizal mengingatkan, pembangunan jalan tol harus saling menguntungkan antara warga dan pemerintah. Jangan sampai ada yang dirugikan, apalagi warga sudah menyerahkan tanah mereka. “Bersama pak Mahyeldi kami sepakat akan mengawal ganti rugi dan juga pembangunan ini. Agar bisa lebih dipercepat lagi penyelesaiannya,” kata Refrizal yang dikenal cukup vokal sewaktu menjadi wakil rakyat di Senayan.

Refrizal menyebut pernah meminta Rini Soemarno, untuk mengangkat perekonomian warga di sekitar jalan tol, agar dibuatkan pintu tol dan juga rest area (lokasi istirahat). “Kami lihat itu bisa dibangun di titik Lubuk Alung nantinya. Kami juga akan berkomunikasi dengan Menteri BUMN saat ini Erick Thohir untuk memastikannya,” kata Refrizal.

Dia melihat, tol Padangpariaman-Sicincin-Bukittinggi-Limapuluh Kota ini adalah bagian dari Tol Sumatra yang sudah tutas dari Lampung dan Sumatra Selatan. “Sekarang kita akan menyambungkannya dengn tol Pekanbaru-Dumai yang sudah dulan selesai. Ini adalah masterplan yang baik, andai saja tol itu bisa tersambung dari Sumbar ke Lampung melalui Jambi atau Bengkulu,” kata Refrizal. (uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional