Menu

Mahyeldi-Audy Paling Peduli terhadap Milenial, Siapkan Program Kewirausahaan sampai Pertanian

  Dibaca : 241 kali
Mahyeldi-Audy Paling Peduli terhadap Milenial, Siapkan Program Kewirausahaan sampai Pertanian
KOMPAK— Cagub Sumbar Mahyeldi bersama Cawagub Sumbar Audy kompak bersilaturahmi dengan tokoh adat dan masyarakat di Ulu Aia Bansa Panduang Tanah Garam, Tanjung Harapan, Kota Solok.

SOLOK, METRO
Alasan calon Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah memilih Audy Joinaldy sebagai calon Wakil Gubernur, adalah karena usia yang muda atau milenial. Selain itu Audy adalah profesional dalam bidang pertanian dan sukses membantu dua provinsi di Indonesia bagian Timur mengembangkan pertanian.

Hal ini adalah cerminan kepercayaan seorang Mahyeldi terhadap kaum muda yang disebutkan mantan Presiden RI Soekarno bisa mengguncang dunia. Mahyeldi juga tak canggung membawa Audy dalam dialog-dialog dengan masyarakat, seperti temu ramah dan silaturahmi dengan tokoh adat di Ulu Aia Bansa Panduang Tanah Garam, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Minggu (1/11).

Dari pertemuan itu terungkap, Mahyeldi adalah calon Gubernur Sumbar termuda di Pilgub Sumbar. Begitu juga dengan Audy Joinaldy yang merupakan calon wakil Gubernur paling muda, masih 37 tahun. Keduanya dianggap paling mumpuni dalam memimpin Sumbar lima tahun ke depan. Muda, profesional dan energik adalah ciri pasangan ini.

Dalam pertemuan itu, Mahyeldi menyebut punya harapan yang besar untuk kemajuan perekonomian Sumbar. Salah satunya dengan membuat program 100 ribu milenial enterpreneur atau pengusaha muda. “Karena generasi ke depan adalah tanggung jawab orang tua hari ini. Kami bersama Audy siap meningkatkan kualitas pemuda,” kata Mahyeldi dalam pertemuan yang dihadiri oleh Datuak, Ninik Mamak, dan Taufik Nizam, anggota DPRD Kota Solok, serta masyarakat setempat.

Mahyeldi menyebutkan, jangan pernah meninggalkan generasi setelah kita. Kita harus meninggalkan generasi yang kuat, yang berkualitas. “Di usia produktif itu ada usia millenial sampai 40 persen dari seluruh penduduk Indonesia. Pemuda banyak melakukan perubahan bagi bangsa, karena pemuda hari ini adalah generasi masa depan,” katanya.

Audy menambahkan, Mahyeldi-Audy ingin menjadikan Sumbar sebagai lumbung padi dan jagung. Salah satu lokasi yang cocok adalah Solok Raya, terdiri dari Kota Solok, Kabupaten Solok dan Solok Selatan. “Bahkan kami ingin menghadirkan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa ke Solok ini,” kata Audy.

Bahkan, Mahyeldi Audy sudah menyiapkan alokasikan 10 persen dana dari APBD Provinsi Sumbar. “Insya Allah pendapatan petani meningkatkan program sekolah vokasional sesuai daerah. Misal banyak pertanian, pertanian yang kita kembangkan di sana. Menggali potensi masyarakat di bidang tertentu sesuai kebutuhan daerahnya,” kata Audy.

Saat itu, Mahyeldi juga menjaring aspirasi masyarakat yang minta dialokasikan dana untuk membuat atalase bareh solok, sebagai ikon Kota Solok. “Beras Solok terbang kemana-mana. Bahkan sampai diekspor, jarang terpakai di Kota Solok itu sendiri, kalau kita di suruh cari beras Solok sekarang maka sulit carinya. Kami minta Gubernur Sumbar ke depan lebih peduli terhadap bareh Solok ini,” kata warga setempat.

Audy ke Mentawai
Cawagub Sumbar Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Mentawai, Senin (2/11). “Saya sudah mengelilingi kurang lebih 500 Nagari di Sumbar. Akhirnya Mentawai lengkapi perjalanan saya mengunjungi 19 Kabupaten/Kota Sumbar,” ungkap Audy.

Berdasarkan pantauan, Audy yang menggunakan kemeja putih motif Cukie Berantai berlabuh di Dermaga Tua Pejat, Sipora Utara dengan menggunakan kapal cepat Mentawai Fast sekitar pukul 10.45 WIB. Audy disambut dengan tarian adat khas Mentawai yaitu Turuk Sikerei.

Sikerei, yang bertindak sebagai penari, tampil dengan mengenakan pakaian adat dengan berbagai kelengkapan, perlahan mereka mulai bergerak mengikuti alunan musik yang dihasilkan dari gajeuma, sesekali mereka menghentakkan kaki ke lantai kayu, sehingga menjadi instrumen tambahan.

Kemudian para penari wanita, memasangkan kalung bernama ngalao dan ikat kepala yaitu luad kepada Milenial Minang ini. Terlihat ekspresi takjub dari wajah Audy melihat acara penyambutan tersebut.

Di lokasi acara penyambutan, animo masyarakat Mentawai begitu tinggi. Mereka begitu penasaran melihat wajah rupawan Cawagub termuda tersebut.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari Koordinator Pemenangan Mahyeldi-Audy Joinaldy Mentawai, Martho Munthe. Audy Joinaldy akan menemui beberapa tokoh masyarakat, tokoh adat, kelompok tani, kelompok nelayan dan beberapa lapisan elemen masyarakat lainnya. (uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional