Menu

Mahyeldi-Audy Menangi 11 TPS dari 12 PSU Pilkada Sumbar

  Dibaca : 532 kali
Mahyeldi-Audy Menangi 11 TPS dari 12 PSU Pilkada Sumbar
SUASANA PSU— Pemilih berdatangan ke TPS 17 Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota yang melakukan pemungutan suara ulang.

PADANG, METRO
Berdasarkan rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Barat melakukan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada serentak 2020 di 12 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di sembilan kabupaten/kota, Minggu (13/12).

PSU dilaksanakan di tiga TPS di Kabupaten Pasaman, dua TPS di Pasaman Barat dan masing-masing satu TPS di Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Tanahdatar dan Solok Selatan.

“Sebelumnya ada 11 TPS yang akan melaksanakan PSU. Tetapi, jelang pelaksanaan PSU, bertambah satu TPS di Kabupaten Solok Selatan. Jadi, total TPS yang melasksanakan PSU di Sumbar ada 12 TPS,” kata Komisioner KPU Sumbar Amnasmen, Minggu (13/12).

Dijelaskan Amnasmen, penyebab dilaksanakan PSU karena adanya pemilih yang bukan berdomisili di daerah itu menggunakan hak suaranya. Kemudian, ada pemilih luar Sumbar yang menggunakan hak pilihnya dan ada pemilih yang mencoblos tidak memakai A5 KWK.

“Dilaksanakannya PSU ini sesuai dengan rekomendasi Bawaslu. Totalnya ada 12 TPS dan hari ini (kemarin red) dilaksanakan PSU,” kata Amnasmen.

Satu dari 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang melakukan pemungutan suara ulang (PSU) ada di TPS 17 Nagari Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota. Hasil pantauan Komisioner KPU Sumbar, Nova Indra yang hadir langsung di TPS tersebut melihat bagaimana petugas di TPS setempat.

“Pelaksanaan PSU itu konstitusional dan legal. KPPS TPS17 terlihat sedikit lelah usai membangun kembali TPS17 untuk pelaksanaan PSU. Dilakukannya PSU di TPS 17 di Nagari Guguak VIII Koto karena ada dua pemilih yang bukan DPT di TPS itu ikut mencoblos pada Rabu (9/12) lalu,” ungkap Nova Indra.

Ditanya tentang partisipasi pemilih pada Pilkada serentak kali ini di Sumbar, Nova Indra mengaku optimistis tingkat partisipasi pemilih bisa mencapai angka yang ditargetkan KPU yakni 77,5 persen. Apalagi, jelas dia, pelaksanaan PSU kali ini bertepatan hari Minggu, jadi potensi warga yang akan memilih di TPS yang PSU akan tinggi.

“Sebenarnya soal partisipasi pemilih, kami dari KPU sudah memberikan surat pemberitahuan kepada pemilih. Persoalan orang mau datang ke TPS, tentu itu tergantung dari pemilih sendiri,” jelasnya.

Terpisah, Anggota Bawaslu Sumbar Nurhaida Yetti mengatakan bahwa Bawaslu di kabupaten dan kota bersama Panwascam juga turut hadir ke TPS yang melaksanakan PSU yang tersebar di 9 kabupaten kota Sumbar, dan setiap TPS tim kita ada standby disana.

“Secara umum pelaksanaan PSU sama dengan pelaksanaan pemungutan suara 9 Desember lalu. Kita berharap masyarakat bisa salurkan hak suara sesuai aturan dan regulasi yang ada. Agar tahapan berjalan lancar, Bawaslu tetap melakukan pengawasan d TPS, dan proses rekapitulasi tingkat kecamatan, tingkat kabupaten hingga tingkat provinsi,” tutupnya.

Mahyeldi-Audy Unggul di TPS yang PSU
Tercatat hanya, satu TPS yang diungguli pasangan nomor urut 2, Nasrul Abit – Indra Catri (IC). Satu TPS itu berada Baruang-Baruang,  Pesisir Selatan. Di TPS 3 Baruang-Baruang, NA-IC meraih 93 suara.

Meski menang, akan tetapi suara yang didapat jauh menurun dibanding pelaksanaan pemilihan pada 9 Desember kemarin.  Pada saat itu, NA-IC meraup 153 suara.  Hal ini dikarenakan menurunnya partisipasi pemilih pada saat PSU yang hanya 115 pemilih.

Sementara itu, pasangan Mahyeldi – Audy unggul di sejumlah TPS pada PSU. Seperti di TPS 57 Lubuk Basung Agam.  Di TPS ini pasangan nomor urut 4 unggul dengan 63 suara. Begitu halnya di TPS 007 Pangian,  Lintau Buo, Tanah Datar.

Cagub urut 4 jauh meninggalkan pasangan lain dengan 101 suara.  Sama halnya di TPS 09, Kampuang Jawa,  Kota Solok.  Di sini cagub urut 4 mendominasi dengan 82 suara.  Diikuti pasangan NA-IC dengan 32 suara, nomor urut 1 dengan 14 suara, dan nomor urut 3 dengan 2 suara.

Di TPS 27 Padang Gelugur, Pasaman, pasangan Mahyeldi – Audy juga mendominasi.  Pasangan urut 4 meraih 88 suara.  Sedangkan pasangan urut 1 sebanyak tujuh suara,  pasangan NA-IC sebanyak 25 suara,  serta pasangan nomor urut 3 dengan tiga suara.

Hingga berita diturunkan, tujuh TPS lainnya tengah melakukan penghitungan.  Berdasarkan pantauan di lapangan, pasangan nomor urut 4 unggul di masing-masing TPS itu.

Juru Bicara Mahyeldi-Audy, H Mulyadi Muslim Lc MA mengaku sangat bersyukur dengan tingginya pemilih Mahyeldi-Audy di PSU. “Alhamdulillah, PSU ini mempertegas kemenangan Mahyeldi-Audy,” katanya.(heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional