Menu

Mahyeldi-Audy Menang Telak di Padangpanjang

  Dibaca : 747 kali
Mahyeldi-Audy Menang Telak di Padangpanjang
Suasana rapat pleno Pilgub di KPU Kota Padangpanjang.

Rapat pleno terbuka penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Pilgub) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangpanjang, Rabu (16/12), memastikan pasangan nomor urut 4 sebagai peraih suara terbanyak di Padangpanjang.

Hasil pleno ini, mengukuhkan hasil pleno terbuka tingkat kecamatan yang telah digelar beberapa hari lalu. Pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy meraih suara 11.274, jauh meninggalkan pasangan lainnya. Di urutan kedua, pasangan nomor urut 2, Nasrul Abit-Indra Catri mendapat 4.508, disusul pasangan nomor urut 1, Mulyadi-Ali Mukhni dengan perolehan 3.481 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 3, Fakhrizal-Genius Umar, mendapat 1.996 suara.

“Dari jumlah pemilih 40.575, yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 21.773 orang,” sebut Ketua KPU, Okta Novisyah, S.Sos.I. Dalam pleno yang dihadiri Sekda, Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, Polres, Kejaksaan Negeri, Kodim 0307/TD, DPRD Kota Padangpanjang hingga perwakilan OPD terkait di Auditorium Mifan Park. Dijelaskannya, dibandingkan dengan Pilgub 2015 lalu, angka partisipasi pemilih pada Pilgub 2020 ini jauh lebih tinggi. Di mana lima tahun lalu, hanya 46,68 persen, sedangkan untuk tahun ini mencapai 54,00 persen.

Okta menyebutkan, penyelenggaraan Pilgub 2020 di Kota Padang Panjang berjalan dengan lancar meskipun ada kekhawatiran dari sejumlah pihak terkait penularan Covid-19. Penyelenggaraannya terhitung baik dan mampu menerapkan protokol kesehatan. Ia menilai, panitia penyelenggara maupun pemilih mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

“Proses kampanye juga dipatuhi (oleh parpol dan paslon). Kampanye berjalan dengan baik. Kedatangan mereka (pemilih) tidak berkerumun dalam jam yang sama. Jadi mereka mematuhi rentang waktu yang sudah kita atur jadwalnya. Itu yang menjadi faktor tidak terjadinya kerumunan dan bisa meminimalisir penyebaran Covid-19,” paparnya. Sementara itu, Sonny mengapresiasi  terselenggaranya Pilgub tahun 2020 ini dengan lancar dan sukses. “Pemko  mengapresiasi kepada semua pihak terkait yang telah bekerja keras untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilgub 2020 di Padang Panjang, sehingga berjalan dengan aman dan tertib tanpa adanya konflik yang terjadi,” ujarnya. (rmd)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional