Menu

Mahfud MD: Teroris Tidak Hanya ada di Islam

  Dibaca : 93 kali
Mahfud MD: Teroris Tidak Hanya ada di Islam
Mahfud MD, Menko Polhukam

JAKARTA, METRO
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan setiap agama memiliki pengikut yang radikal dan bisa mengarah pada tindakan teror. “Teroris bukan hanya ada di Islam. Semua agama punya terorisnya sendiri karena radikal dalam pemahamannya,” kata Mahfud MD di Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Rabu, (17/3).

Namun, kata Mahfud, secara umum organisasi-organisasi keagamaan di Indonesia telah mengembangkan pemahaman yang moderat sejak dahulu sehingga perbedaan agama tidak sampai menjadi perpecahan.

Dia juga mengakui bahwa selama ini di Indonesia masih muncul beberapa peristiwa terorisme. Hal itu bisa diatasi secara bersama-sama oleh seluruh elemen bangsa. “Secara umum rakyatnya tumbuh dengan penuh toleran,” kata dia.

Jawa Timur, sambung Mahfud, menjadi salah satu contoh provinsi yang berhasil meminimalisasi berkembangnya paham radikal dan terorisme. “Di sini menunjukkan moderasi Islam, moderasi beragama tumbuh di sini (di Jawa Timur, red). Ini menjadi salah satu. Tentu bukan hanya Jatim, di seluruh Indonesia umat Islam itu juga toleran,” sambung dia.

Menurutnya, moderasi dan toleransi di Jatim tumbuh dari kultur keagamaan yang berkembang sejak lama. Mahfud mencontohkan seperti Nahdlatul Ulama yang didirikan KH Hasyim Asy’ari dan Muhammadiyah yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan.

Dua ulama itu sudah menanamkan moderasi sejak dulu di dalam organisasi-organisasinya. “Di sini adalah tempat berkembang biak moderasi beragama yang dulu dipelopori dua ulama itu. Di sini konflik umat antar beragama jarang terjadi karena perbedaan agama sangat kecil,” pungkas Mahfud.(mcr12/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional