Menu

Magnet Wisata, Pemko Pariaman Bangun Museum Kapal Perang

  Dibaca : 87 kali
Magnet Wisata, Pemko Pariaman Bangun Museum Kapal Perang
SALAM—Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Hargianto.S.E.,M.M.,M.Si (Han) saat salam komando dengan Wako Pariaman Genius Umar.

WALI Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan TNI AL hibah­kan kapal perang ke Pemko Paria­man untuk dijadikan museum.  “TNI AL hibahkan kapal perang ke Pemko Pariaman. Persiapan pem­berian hibah ini, didahului dengan rapat koordinasi peninjauan eks KRI Teluk Ratai 509, Kapal Perang yang akn dihibahkan, di Markas Besar Lantamal (Pangkalan Uta­ma TNI AL) II Padang, Teluk Bayur,” kata  Genius Umar, ke­marin.

Rombongan Pemko Pariaman dipimpin langsung oleh Walikota Pariaman, Genius Umar, dan juga Komandan Lantamal  II Padang, Laksamana Pertama TNI Har­gianto.

 Genius Umar mengucapkan terimakasih kepada Danlantamal II Padang, yang telah mem­fasi­litasi permintaan pihaknya, untuk menghibahkan satu buah Kapal Perang yang nantinya akan dija­dikan museum Angkatan Laut di Kota Pariaman.

“Dengan adanya bekas kapal perang inj, akan menjadi bukti sejarah, bahwa Kota Pariaman dulunya adalah pangkalan AL pertama di pulau Sumatera, dan menjadi kebanggaan tersendiri nantinya untuk Pemerintah sendiri dan masyarakat,” ujarnya.

Wako Pariaman ini memba­yangkan nantinya museum kapal perang ini akan menjadi magnet wisatawan untuk datang, yang sekaligus nantinya akan menjadi edukasi kepada pelajar di Kota Pariaman sendiri, tentang sejarah bahari dari Kota Pariaman.  “Un­tuk lebih lanjut nya, pada Rabu (9/6), kita akan rapat di Satlinlamil, Armada II Surabaya, bersama dengan Jajaran Lantamal II Pa­dang, melihat secara langsung KRI Teluk Ratai 509, untuk kita

Explorasi dan memaksimalkan apa yang bisa diangkat dari kapal perang ini dalam pengembangan nantinya ketika dijadikan Museum,” terangnya.

Danlantamal II Padang, Lak­samana Pertama TNI, Hargianto menyebut bahwa Kota Pariaman sangat beruntung mempunyai seorang walikota yang genius, bukan hanya namanya saja, tetapi juga pemikiranya.

“Kalau nantinya benar-benar sudah terlaksana, maka Kota Pariaman akan menjadi satu-satunya Museum Kapal Perang yang ada di luar pulau Jawa, dan akan menjadi kebanggaan bagi Kota Pariaman, dan Sumatera Barat,” tandasnya meng­akhiri. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional