Menu

Lurah Rangsang Warga Tingkatkan Nasionalisme, Satu Rumah, Satu Bendera

  Dibaca : 1441 kali
Lurah Rangsang Warga Tingkatkan Nasionalisme, Satu Rumah, Satu Bendera
Marza Asmar

PARIAMAN, METRO
Lurah Alai Gelombang, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman Marza Asmar menyatakan saat inikeluaraha hingga kini terus berbenah. “Kita terus melahirkan berbagai inovasi baru dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, di samping memberdayakan beragai potensi yang ada di kelurahan ini,” kata Marza Asmar, kemarin.

Seperti diketahui sebut Lurah Alai Gelombang, Marza Asmar, di Kelurahan Alai Gelombang yang terletak di jalan protokol ini banyak ditemukan fasilitas perkantoran pemerintah.

Sebut misalnya, dari Kantor Walikota Pariaman, Kantor Kejari, Pengadilan Negeri hingga kantor Camat Pariaman Tengah semua berada di kelurahan yang merupakan gerbang utama untuk menuju ke pusat Kota Pariaman ini. “Makanya dengan alasan itulah kita dari pemerintahan kelurahan tentunya dituntut untuk bisa melahirkan berbagai terobosan dan inovasi baru, sehingga diharapkan Kelurahan Alai Gelombang ini bisa menjadi salah satu kawahcandradimuka bagi lahirnya sejumlah inovasi baru, termasuk dalam hal pelayanan masyarakatnya,” ujarnya.

Marza Asmar menambahkan, salah satu bentuk inovasi yang dilahirkan pihaknya seperti hadirnya satu rumah satu bendera, yang merupakan program Pemko Pariaman Satu Rumah Satu Sarjana.

Menurutnya, kehadiran tiang bendera di rumah-rumah penduduk di kelurahan ini, khususnya di sepanjang ruas jalan protokol nantinya diharapkan bisa meningkatkan kesadaran nasionalisme di tengah lingkungan kehidupan masyarakat. “Karena seperti diketahui, selama ini semangat nasionalisme itulah yang terasa mulai berkurang di tengah masyarakat kita . Makanya kita dari pemerintahan kelurahan langsung berinisiatif untuk memasang fasilitas tiang bendera di rumah-rumah penduduk, sehingga dengan begitu mereka tidak perlu susah-susah untuk mendapatkan atau mencari tiang bendera seperti sebelumnya,” tegasnya.

Program itu sebut Marza Asmar telah diluncurkan saat peringatan HUT Kemerdekaan RI, pada bulan Agustus 2020 yang lalu. Dan terbukti, kehadirannya mampu memacu semangat dan antusiasme masyarakat dalam memasang bendera kebangsaan merah putih di depan rumah mereka masing-masing. Bentuk inovasi lainnya sebut Marza Asmar berupa lahirnya akuntabilitas dan transfaransi pengelolaan keuangan di kantor kelurahan, termasuk diantaranya menggratiskan seluruh biaya masyarakat yang berurusan ke kantor kelurahan. Khususnya bagi mereka yang telah dinyatakan lunas kewajiban PBB-nya.

“Selain itu juga tidak kalah pentingnya kita dari pemerintahan kelurahan juga terus menggalang kerjasama dan partisipasi dengan semua pengangku kepentingan dan stakeholder yang ada di Kelurahan Alai Gelombang. Termasuk diantaranya membina koordinasi dan kerjasama yang baik dengan jajaran Babinsa, Babinkamtibmas, hingga dubalang dan jajaran RT yang ada di Kelurahan Alai Gelombang selama ini,” imbuhnya.

Belakangan terbukti, upaya itu cukup ampuh dan efektif dalam menekan angka kejahatan dan kriminalitas di lingkungan Kelurahan Alai Gelombang. Terbukti sepanjang tahun 2020 lalu misalnya, hampir tidak ditemui adanya tindak kriminal yang terbilang serius di kelurahan ini.

Diakuinya di awal kepemimpinannya sebagai Lurah Alai Gelombang secara awalnya kesan jika masyarakat waktu itu agak merasa enggan berurusan dengan pihak pemerintahan kelurahan. “Barulah setelah kita turun ke bawah termasuk aktif menggalang pertemuan dan sosialisasi kepada masyarakat, memanfaatkan dana kelurahan, saat ini paradigmanya telah jauh berubah. Kini masyarakat merasa sudah sangat nyaman berurusan di kantor kelurahan,” bebernya.

Tidak kalah pentingnya memanfaatkan dana kelurahan yang saat ini berkisar Rp.350 juta, pihaknya dari pemerintahan kelurahan terus berupaya membenahi berbagai fasilitas yang ada di kelurahan tersebut, sehingga hasilnya dari hari ke hari performa kelurahan Alai Gelombang terlihat jauh lebih baik. “Harapan kita ke depannya bagaimana agar anggaran dana kelurahan ini bisa terus bertambah, misalnya mencapai sekitar Rp.500 juta, sehingga dengan begitu kita dari pemerintahan kelurahan bisa lebih leluasa untuk melahirkan berbagai program dan kreasi baru,” terangnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional