Close

Lumbung Pangan Baznas Ka­bupaten Tanah Datar Dilaunching

Launching program lumbung pangan Baznas bupati turun langsung menanam jagung Dengan dilaunchingnya program ini tentunya sangat membantu program-program unggulan Kabupaten Tanah Datar, khususnya kami yang baru dilantik kurang lebih 8 bulan yang lalu.

TANAHDATAR, METRO–Launching program lu­mbung pangan Baznas b­u­pati turun langsung m­e­nanam jagung  Dengan di­la­u­n­c­hingnya program ini te­nt­unya sangat mem­ban­tu program-program ung­gulan Ka­bupaten Tanah Datar, kh­ususnya kami yang baru dilantik kurang lebih 8 bulan yang lalu.

“Kami berharap Baznas betul-betul menyalurkan za­kat kepada orang yang be­nar-benar tepat dan se­suai dengan program-program unggulan Peme­rin­tah,” ujar Bupati Eka Putra, Selasa (9/11)

“Perlu diketahui jagung adalah salah satu target kami, karena kita tahu di Tanah Datar ini ada lebih ku­rang 2,5 juta ekor ayam milik pe­ternak. Itu me­m­bu­tuhkan pakan jag­ung se­kitar 150 ton/hari, na­mun untuk memenuhi itu para pe­ternak ayam masih me­ncari dan membeli ja­g­ung dari luar sebab pr­oduksi jagung kita di Ta­nah Datar tidak m­e­nc­ukupi,” tambah Eka Putra.

Dikesempatan itu Bu­pati Eka juga berharap, bantuan program Ba­z­nas kepada ke­lo­mp­ok tani ha­ruslah be­nar-be­nar de­ngan me­mb­erikan bibit yang un­ggul agar ha­silnya juga maksimal.  “Jika ma­sih ada ma­sya­rakat yang me­miliki la­han kosong dan ingin m­e­nanam ja­gung, Kami juga telah me­nyiap­kan ba­ntuan bibit jagung un­ggul melalui dinas per­t­an­ian,” ujar Bupati lagi.

Ini dilakukan menurut Bupati, karena selama ini banyak ditemui dilapangan bibit yang diberikan kepada petani bukan bibit unggul. Sehingga hasil panennya pun tidak maksimal dan hasilnya tidak sesuai de­­ngan biaya yang telah di­­keluarkan.

“Kita masih kek-ura­ng­an jagung kalau dih­itung per harinya, de­ngan ad­anya agenda Baznas hari ini, ini sangat luar biasa. Harapan kami, semua ma­syarakat petani di Tanah Datar sudah bisa sw­as­embada jagung, bila pe­r­lu kita juga bisa me­ngekspor jagung ked­aerah lain se­perti kab­upaten 50 Kota yang kebutuhan ja­­gungnya juga tinggi,” kata Bupati. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top