Menu

Lulusan MPS UIN IB Padang Diterima di Pasar Kerja Perbankan

  Dibaca : 150 kali
Lulusan MPS UIN IB Padang Diterima di Pasar Kerja Perbankan
Yenti Afrida S.Ag M.Ag Kaprodi Manajemen Perbankan Syariah (MPS) UIN Imam Bonjol Padang.

Oleh: Yenti Afrida S.Ag M.Ag

Manajemen Perbankan Syariah (MPS) me­rupakan program studi (prodi) tertua di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang. Berdiri se­menjak tahun 2000 di bawah Fakultas Syariah  yang kemudian beralih menjadi FEBI UIN Imam Bonjol Padang.

Kehadiran pro­di ini dalam rangka menyahuti ke­butu­han dunia industri terhadap Sumber Daya Insani (SDI) perbankan yang me­nggunakan sis­tem syariah.  Program studi ini me­lahirkan ahli madya (AMd/D3) yang te­rampil dan siap ber­kiprah di indus­tri tenaga kerja ba­ik di perbankan sya­riah maupun in­dustri nonbank, se­perti koperasi, asu­ransi, pe­gadaian dan lembaga keua­ngan syariah lainnya.

Prodi ini telah meluluskan ribuan alumni yang sudah banyak bekerja di perbankan syariah maupun di lembaga keuangan nonbank. Bahkan sudah banyak juga yang menjadi direktur utama bank syariah. Walaupun tidak tertutup kemungkinan alumni FEBI bisa berkiprah di dunia usaha lainnya termasuk dunia politik.

Keunggulan lainnya dari prodi ini, di samping mendapatkan keilmuan secara teori dan praktek di labor mini bank yang di miliki FEBI tetapi juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan ilmu lapangan langsung di wilayah dunia usaha yang sedang eksis.

Berbagai kerja sama telah dilakukan dengan industri dan lembaga terkait dalam dan luar negeri. Seperti Zurich Malaysia,  serta perbankan syariah tingkat nasional maupun daerah, bank pemerintah maupun swasta, kerja sama dengan Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta lembaga lainnya dalam rangka mendukung kampus merdeka.

Pada semester terakhir prodi ini dibekali dengan program magang di industri perbankan dan LKS lainnya baik dalam maupun di luar negeri seperti Malaysia. Bahkan pada saat magang, mahasiswa dari prodi ini ada yang langsung dikontrak sebagai karyawan di tempat magang.

Kehadiran prodi Manajemen Perbankan Syariah tentu saja berupaya mewujudkan tenaga tenaga terampil yang siap membangun perekonomian islam dan membawa masyarakat menuju masyarakat madani yang anti ribawi.

Dengan kuliah di Prodi Manajemen Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang, ilmu pengetahuan umum didapat dan  yang tak kalah penting nya ilmu agama juga di peroleh.

Menempatkan sendi-sendi pendidikan agama dalam bisnis dan ekonomi, insyallah akan membawa keberkahan dunia dan akhirat. Di lembaga inilah semua akan di pelajari menuju keridhaan Allah SWT. (Kaprodi Manajemen Perbankan Syariah (MPS) UIN Imam Bonjol Padang).

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional