Menu

Lubuk Buaya bakal jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

  Dibaca : 334 kali
Lubuk Buaya bakal jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru
Mahyeldi Ansharullah, Wali Kota Padang

LUBUK BUAYA, METRO
Lubuk Buaya yang berada di arah utara Kota Padang akan menjadi pusat pergerakan ekonomi. Rencana ini dilakukan Pemko Kota Padang seiring dengan dibangunnya Terminal Type A di Anakaia serta pembangunan sejumlah infrastruktur lainnya.

“Daerah Lubuk Buaya akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru,” ujar Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, Kamis (14/1).

Hingga kini, Terminal Anakaia sedang dalam pengerjaan. Diperkirakan pengerjaan terminal rampung akhir Januari ini. Pengoperasian diestimasi pada April nanti. “Terminal mengusung konsep kepengusahaan mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN). Akan ada pusat UMKM, olahraga, pariwisata dan budaya nantinya di sana,” sebut Mahyeldi.

Terminal Anakaia dibangun dengan total anggaran Rp72 miliar. Terminal penumpang seluas 2,7 hektare ini dapat menampung hingga 17 rute trayek Antar Kota Antar Propinsi/AKAP, 59 rute trayek bus Antar Kota Dalam Propinsi/AKDP dan 1 lintasan BRT dan 78 Angkutan Kota.

Terminal ini juga diperkirakan mampu menampung sebanyak 1.752 penumpang perhari dengan juga dilengkapi fasilitas komersial berupa tenant dan tempat uji KIR. Mendukung keberadaan Terminal Anakaia, nantinya kereta api juga diupayakan masuk ke dalam area terminal. Akses ke terminal juga ditingkatkan.

“Untuk jangka panjang, akan ada pembebasan tanah di sana. Jalan dilebarkan menjadi 30 meter,” tandas Mahyeldi.

Tidak saja terminal, di Lubuk Buaya juga terdapat pasar pembantu. Pasar yang cukup ramai dikunjungi itu akan dijadikan pasar induk. “Dari diskusi kita pada 2019 lalu, rencana akan kita bangun Pasar Lubuk Buaya menjadi pasar induk,” ungkap Mahyeldi.

Lubuk Buaya sendiri berada di Kecamatan Kototangah. Daerah ini terbilang cukup luas. Jika terminal rampung dan beroperasi, kawasan ini akan hidup dan perekonomian bergerak kencang. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional