Menu

Lubang Misterius Diduga Tempat Persembunyian

  Dibaca : 2486 kali
Lubang Misterius Diduga Tempat Persembunyian
Delviola Mawaddah 1804078 Prodi S1 Farmasi, Universitas Perintis Indonesia (UPERTIS)
Lubang misterius di Bukit Gado-gado, Padang Selatan, Padang

Lubang misterius di Bukit Gado-gado, Padang Selatan, Padang.

GADO-GADO, METRO–Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumbar Ade Edwar, menilai keberadaan lubang misterius dengan ukuran besar di Bukit Gado-gado, Kecamatan Padang Selatan bukanlah terbentuk secara alamiah. Melainkan, lubang itu ada karena dibuat oleh tangan manusia di masa penjajahan puluhan tahun yang lalu.

”Setelah saya lihat dari foto-foto yang ada, kemudian dari pengakuan warga, maka dapat disimpulkan bahwa lubang tersebut dibuat manusia. Artinya, bukanlah sebuah fenomena alam yang terbuat secara alamiah,” jelas Ade, Kamis (20/8).

Dijelaskan, pembuatan lubang di Bukit Gado-gado bukan baru-baru ini dilakukan. Tapi ini dibuat puluhan tahun silam. Kemungkinan, ini dibuat oleh tentara Indonesia saat masa penjajahan Belanda. Fungsinya, untuk tempat persembunyian saat melawan kolonial Belanda.

”Selain sebagai tempat persembunyian, lubang ini mungkin juga dulunya sebagai jalan manusia menuju arah pantai. Karena, lubang ini tidaklah buntu, melainkan bisa tembus hingga arah pantai. Tapi seiring dengan waktu, karena lubang ini tidak dilalui lagi, maka lubang tersebut mulai tertutup dan hanya menjadi aliran air,” jelas Ade.

Dia juga menjelaskan, masyarakat yang berada di sekitar kawasan lubang ataupun yang berada di tebing Bukit Gado-gado tidak perlu khawatir akan terjadinya longsor akibat lubang ini. Hanya saja, lubang ini akan membahayakan kepada pengendara atau warga yang melewati sekitar lubang.

”Bisa saja lubang ini menjadi jebakan bagi yang lewat. Maka, kita minta kepada Pemko atau warga untuk memagar sekeliling lubang ini. Kalau ditutup juga bisa,” tuturnya.

Akan tetapi katanya, lebih baik lubang ini dipagar dan dibersihkan. Karena, lubang ini akan bisa menjadi kawasan objek wisata sejarah. Meski demikian, dia juga belum memastikan lubang tersebut ada karena dibuat oleh tangan manusia. Maka, perlu diteliti lebih dalam lagi. (d)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional