Close

LPM Payobasung Masuk Nominasi 6 Besar Tingkat Sumbar, Gebu Payobasung Berhasil Daftarkan Masyarakat jadi Peserta JKN-KIS

FOTO BERSAMA—Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh Febri Yanti, foto bersama Kadis Dukcapil Kota Payakumbuh dan masyarakat di acara penilaian LPM Payobasung oleh tim penilai provinsi.

SIMPANGBENTENG, METRO–Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Payobasung, Ir.Erri S Djaren, menyebut salah satu terobosan dan inovasi yang dilakukan adalah Gebu Payobasung (Gerakan Se­ribu Payobasung). Dimana dihimpun dana dari masyarakat 1000 rupiah perbulan untuk memba­yar iuran BPJS Kesehatan bagi warga yang belum memiliki kartu JKN-KIS dari Pemerintah.

Hal itu disampaikan Ketua LPM Payobasung dalam eksposnya dihadapan Tim penilai lembaga pemberdayaan ma­sya­rakat (LPM) tingkat pro­vinsi Sumatera barat ta­hun 2021 di Kelurahan Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Pa­­yakumbuh, Rabu (10/11).

Dia juga menyebut, sejak lahirnya inovasi Gebu Payobasung, pihak­nya melakukan MoU de­ngan BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh yang membawahi Tiga Daerah, masing-masing Kota Pa­yakumbuh, Kabupaten Ta­nah Datar dan Kabupaten Lima Puluh Kota, pada tahun 2016 lalu.  Dirinya bangga dan senang bantuan yang dihimpun dari masyarakat dan donatur mampu membayarkan iuran bagi warga yang di­daftarkan sebagai peserta JKN-KIS, hingga tahun 2021 ini. Dan belum pernah menunggak membayar iuran setiap bulan, se­kalipun di tengah pendemi covid-19.

Terdaftar sebagai peserta JKN-KIS PBPU (Pekerja Bukan Penerima U­pah) secara kolektif, oleh LPM Payobasung. Kerjasama yang sudah berlangsung hampir Lima tahun ini menjadi inovasi pertama di tingkat Sumatera Barat dan Kedua ditingkat Nasional.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Febri Yanti, didampingi RO BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh Yomi Gunawan, menyebut memang LPM Payobasung sudah membuat MoU sejak tahun 2016 akhir. “Masuk sebagai peserta PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) secara kolektif, oleh LPM Payobasuang. Kerjasama ini sudah berlangsung sejak 2016 lalu hingga kini dan berlangsung sukses. Ini yang pertama disumbar dan kedua di tingkat nasional,” ungkapnya.

Wakil Wali Kota Payakumbuh, H.Erwin Yunaz, memuji trobosan LPM Pa­yobasung dibidang sosial kemasyarakatan. Disam­ping telah membuat inovasi terkait jaminan kesehatan bagi masyarakat Pa­yobasung, LPM Payobasung juga banyak melahirkan inovasi dibidang so­sial.  “Harapan kita semoga LPM Payobasung menjadi terbaik ditingkat Sumbar. Bernagai inovasi terus dilahirkan diber­bagai bidang,” harap Wa­kil Wali Kota dihadapan Tim Penilai dan undangan yang hadir.

Tampak pada kesempatan itu Asisten 1 Dafrul Fasi, Asisten III, Amriul Dt.Karayiang, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Febri Yanti, Camat Payakumbuh Timur, Dewi Novita, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra, Alfi Jaya, Kadis Dukcapil Wal Asri, Kadis Sosial, Erwan, Lurah Pa­yobasung, Ade Vianora, Ketua LPM Payobasung, Ir Erri S Djaren, Bundo Kandung, Pemuda dan tokoh masyarakat setempat. Tim penilai LPM ting­kat Provinsi Sumatera Barat, yang datang mela­kukan penilaian lapangan di LPM Payobasung, Dra. Hendrawati Roza, M.Si, dari Dinas PMD Provinsi Sumbar, Chintia Dewi Putri, M.I.Kom dari Dinas PMD Provinsi Sumatera Barat, Irwandi Walis, S.Sos dari DPD LPM Provinsi Sumatera Barat, Mukhlis dari DPD LPM Provinsi Sumatera Barat, Huriyatul Akmal, M.Si dari Akademisi dan dr.Indra Wenni, M.Ph, dari Dinas PMD Provinsi Sumbar. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top