Menu

LPM Dituntut Lebih Berperan

  Dibaca : 81 kali
LPM Dituntut Lebih Berperan
Wali Kota Solok (Zul Elfian)

SOLOK, METRO – Wali Kota Solok Zul Elfian menekankan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Kota Solok diharapkan lebih berperan di tengah-tengah masyarakat. Sehingga, lembaga sebagai mitra pemerintah di tengah-tengah masyarakat itu perlu memahami tugas dan fungsinya sesuai dengan tujuan berdirinya lembaga tersebut.

“Pemahaman atas Anggaran Dasar/Anggaraan Rumah Tangga (AD/ART) LPM sangat diperlukan bagi anggota LPM, sehingga mereka para pengurus menguasai tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) di kepengurusan,” ujar Zul Elfian.

Peran LPM ditengah-tengah masyarakat diakui Zul Elfian sangat penting dalam mendorong terlaksananya berbagai program yang dilahirkan oleh pemerintah. Untuk itu pemerintah sangat mendorong keberadaan LPM ditengah-tengah masyarakat agar peran dari LPM ini benar-benar dirasakan.

Kata Zul Elfian, pemahaman tugas dan fungsi lembaga ini hendaknya benar-benar dipahami oleh anggotanya supaya dalam menjalankan fungsinya lebih terarah. Bahkan dengan kedekatan LPM dengan masyarakat, pemerintah berharap program yang dilahirkan akan lebih terserap dan membawaa dampak lebih kepada masyarakat itu sendiri.

Karena tugas LPM tersebut,menyusun rencana pembangunan yang partisipatif, menggerakan swadaya gotong royong masyarakat dan melaksanakan dan mengendalikan pembangunan.

Sedangkan, fungsi LPM yakni penampung dan penyalur aspirasi masyarakat dalam pembangunan dan penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dalam rangka memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

selain itu peningkatan kualitas dan percepatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Serta penyusunan rencana, pelaksana, pengendali, pelestarian dan pengembangan hasil-hasiln pembangunan secara partisipatif. Penumbuh kembangan dan penggerak prakarsa dan partisipasi, serta swadaya gotong royong masyarakat. Penggali, pendayagunaan dan pengembangan potensi sumberdaya serta keserasian lingkungan hidup.

Kegiatan LPM ditujukan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan pelayanan masyarakat, peningkatan peran serta masyarakat dalam pembangunan. Juga pengembangan kemitraan, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat setempat. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional