Close

LPM Ciparuah Dinilai Provinsi

PENILAIAN— Kepala DPMD Sumbar, Amasrul memberikan sambutan saat penilaian LPM Cimparuah.

PARIAMAN, METRO–Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Cimparuah mewakili Kota Pariaman dalam ajang Penilaian LPM berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021. Kedatangan Tim Penilai yang diketuai oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumbar, Amasrul beserta rombongan ke Kantor Desa Cimparuah, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman tersebut disambut oleh Walikota Pariaman yang diwakilkan oleh Kepala Dinas PMDes Kota Pariaman, Hendri didampingi Kepala Desa Cimparuah, Maifialdi dan Pengurus LPM Desa Cimparuah, kemarin.

Kepala Dinas PMDes Kota Pariaman, Hendri dalam sambutannya mengatakan, bahwa LPM harus ber­peran aktif dalam pembangunan sebagai mitra Pemerintah dan pihak lainnya, supaya LPM nantinya mampu menggerakkan pembangunan di segala aspek kehidupan di tengah masyarakat.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan perlombaan ini diharapkan dapat mendorong sinergitas antara peran desa dan partisipasi aktif masyarakat dan lembaga kemasyarakatan di desa dalam proses pemberdayaan dan kemandirian masyarakat,” ujarnya.

“LPM juga harus bisa menjalankan fungsinya sebagai lembaga yang mampu mengangkat potensi-potensi desanya ,” ujar Hendri.

Hendri berharap agar tim penilai dapat menggali lebih dalam lagi kemampuan dari LPM Desa Cim­paruah ini, karena sudah banyak inovasi yang telah dibuatnya untuk memajukan potensi desa, buktinya LPM Cimparuah yang dipercaya mewakili Kota Pariaman dalam penilaian ini.

Sementara itu, Kadis PMDes Sumbar, Amasrul selaku Ketua Tim Penilai mengatakan, LPM itu harus mampu mengajak masyarakatnya secara bersama memajukan desa, menjadi desa mandiri.

Amasrul berharap masing-masing desa untuk dapat memberikan informasi sesungguhnya dan tidak dibuat-buat saat penilaian. Kita harapkan memberikan data apa yang dibutuhkan, karena kita bicara dengan data.

“Beberapa aspek yang menjadi penilaian ialah, aspek legalitas kelembagaan, aspek sarana dan prasarana kelembagaan, aspek peningkatan kapasitas dan aspek keterlibatan LPM dalam kegiatan nagari atau desanya ,” ujarnya.

Mantan Sekda Kota Padang ini juga me­nyam­paikan, sebagai bentuk apresiasi LPM Berprestasi Tingkat Sumbar 2021 ini akan diikut sertakan dalam studi komperatif di tingkat nasional. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top