Close

LPj Pelaksanaan APBD Tahun 2021, Tahun Depan, Pemko Sa­wahlunto Diminta Pertahankan WTP

SAMBUTAN— Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu memberi sambutan dalam rapat paripurna penyampaian LPj Pelaksanaan APBD 2021.

SAWAHLUNTO, METRO–Ketua DPRD Kota Sa­wahlunto Eka Wahyu pim­pin Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Nota Pengantar Walikota atas Ranperda tentang Laporan Pertanggung Jawaban (LPj) Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 dialaksa­nakan, Rabu (22/6). Dalam rapat Paripurna tersebut, Eka wahyu menyampaikan, sesuai ketentuan pa­sal 194 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) No.12/2019, tentang pengelolaan keuangan daerah, kepala daerah menyampaikan rancangan Perda tentang pertanggung jawaban AP­BD kepada DPRD dengan dilampiri laporan keua­ngan, yang telah diperiksa Badan Pemeriksa Ke­uangan serta Ikhtisar la­poran kinerja dan laporan keuangan BUMD Paling lambat enam bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Dan memenuhi ketentuan tersebut, Walikota Sawahlunto telah menyampaikan secara tertulis Ranperda dan Raperwako tentang Laporan Pertanggung Jawaban Pelaksa­naan APBD tahun anggaran 2021 kepada DPRD dengan Surat nomor 900/276/DPPKAD/AKT/SWL-2022 tanggal 13 juni 2022, dan untuk pembahasan lengkap telah ditetapkan oleh Badan Musyawarah bersama p daerah.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan, dengan telah berakhirnya pelaksanaan APBD 2021 pertanggal 31 Desember 2021. Maka sesuai dengan amanat UU No.23/2014 tentang pemerintah daerah dan telah bergantinya tahun anggaran 2020 pada 31 Desember 2021 yang lalu. Maka kepala daerah wajib menyampaikan LK­PJ kepada DPRD , dengan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan keuangan kepada BPK.

Di mana Laporan Ke­uangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Sawahlunto telah dilakukan pemeriksaan oleh BPK perwakilan Provinsi Sumbar melalui pemeriksaan intern yang dilakukan pada 2 Februari hingga 23 Februari 2022, dan pemeriksaan lanjutan selama 30 hari .

Disampaikan, dalam penyerahan LHP terha­dap LKPD tahun 2021 oleh BPK RI Sumbar, BPK mem­berikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (W­TP) atas LKPD Kota Sa­wahlunto tahun anggaran 2021, perolehan ini merupakan ke 7 kalinya. Semuanya ini berkat kerjasama semua Stage Holder Sawahlunto dan tidak terlepas dari dukungan DPRD Sawahlunto. Untuk itu Pem­ko Sawahlunto mengucapkan terima kasih kepada unsur pimpinan dan anggota DPRD Sa­wahlunto yang telah mendukung dan memberikan semangat.

“Sehingga meraih W­TP tersebut, ke depannya mohon dukungan semua pihak dalam menata ketatausahaan keuangan da­erah, agar Pemko Sawah­lunto bisa mempertahankan WTP,” ujar Deri Asta.

Walikota secara u­mum memaparkan gambaran realisasi pendapatan dan belanja selama tahun 2021, yang diawali dengan pendapatan dae­rah dan lain lainnya. Setelah selesai penyampaian Nota pengantar , Walikota Deri Asta juga telah menyerahkan nota pengantar walikota atas Ranperda tentang LPj Pelaksanaan APBD 2021 kepada pimpinan rapat DPRD Sawahlunto. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top