Menu

LP2M UNP Tingkatkan Kualitas Guru SMKN 10 Padang

  Dibaca : 181 kali
LP2M UNP Tingkatkan Kualitas Guru SMKN 10 Padang
PELATIHAN— Dalam pengabdian ke masyarakat, LP2M UNP Padang memberikan pelatihan terhadap guru SMKN 10 Padang untuk meningaktkan kualitas SDM dalam hal proses belajar dan mengajar.

PADANG, METRO
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNP Padang gelar pelatihan unpaya peningkatan profesional guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas terhadap guru SMKN 10 Padang, 9-10 Oktober. Pelatihan diikuti peserta yang terdiri dari guru lebih kurang 25 guru. Kegiatan pengabdian masyarakat UNP melalui LP2M ini menghadirkan narasumber dari Fakultas Teknik (FT) UNP yang terdiri dari, Prof. Dr. Wakhinuddin MPd dan Amrizal MPd.

Kepala SMKN 10 Padang Kamaruzaman MPd mengatakan, pelatihan  tindakan kelas ini sangat berguna bagi guru untuk eningkatan kualitas belajar mengajar. Sehingga bisa menghasilkan proses belajar dan mengajar yang berkualitas. “Selain itu juga untuk mendukung proses kenaikan pangkat guru,” ujar Kamaruzaman, Jumat (9/10).

Dikatakan Kamaruzaman, kemudian pelatihan ini dalam upaya mengvaluasi proses pembelajaran yang telah di lakukan selama. Di mana evaluasi ini untuk mewujudkan PBM yang berkualitas. Secara teori tujuan pelatihan ini untuk memperbaiki berbagai persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan mutu pembelajaran di kelas. Hal ini dialami langsung dalam interaksi antara guru dan siswa yang sedang belajar.

Narasumber Amrizal mengatakan, meningkatkan proses belajar dengan hasil belajar dengan baik. Salah satu contoh skenaruonya, jika ruangan kelas masih kosong, meja masih berantakan atau di kelas ditemui sampah, maka dalam hal ini guru mengajak muridnya Goro merapikan ruangan.

“Sehingga bisa meningkatkan proses belajar dan mengajar (PBM) dalam mewujudkan sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas,” ujar Amrizal.

Sementara, hal senada disampaikan narasumber Prof Dr Wakhinuddin MPd menambahkan, selain meningkatkan kualitas mengajar para guru juga bagaimana membentuk biavior atau prialaku anak didik kea rah yang positif dalam menuntut ilmu di sekolah. “Tentu dalam mendidik ssiwa dan siswi kearah prilaku yang positif dan berkarakter (akhlakul karimah)tak terlepas dari peranan guru di sekolah,” ujar Wakhinuddin.

Dikatakan Wakhinuddin, kemudian tak terlepas untuk meningkatkan kualitas guru, terutama dalam kasus-kasus yang ditemukan dalam kelas. Seperti meningkatkan daya belajar siswa, tentu perlu diberikan pelatihan guru tersebut. Kemudian, bisa untuk membuat karya ilmiah bagi guru. (boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional