Menu

LP-AI Organisasi Intelektual Komit Berantas Korupsi

  Dibaca : 243 kali
LP-AI Organisasi Intelektual Komit Berantas Korupsi
LP-AI Organisasi Intelektual Komit Berantas Korupsi

PADANG, METRO
Komit memberantas korupsi , Suparman bentuk Lembaga Peneliti Alternatif Indonesia (LP-AI). LP-AI merupakan suatu lembaga intelektual yang melibatkan banyak dosen dan ahli-ahli di bidang pelaksanaan pembangunan baik infrastruktur maupun gedung.

Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Peneliti Alternatif Indonesia (DPP LP-AI) berkantor di jalan Pemuda Dalam No.11 B Padang. Lembaga yang digagas tokoh anti korupsi dan berkiprah tanpa pandang bulu ini akan memfokuskan penelitian terhadap korupsi yang terjadi dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur maupun bangunan.

Misalnya, pekerjaan jalan. Jika ada indikasi penyimpangan dalam pelaksanaan pekerjaan jalan, maka LP-AI tidak hanya berteriak-teriak saja. Tapi akan membuktikan secara teknis maupun secara administrasi.

“Kita ambil samplenya, kita lakukan advokasi. Kemudian kita lakukan penelitian di labor yang kita miliki dengan alat-alat yang lengkap. Setelah kita temukan penyimpangan dalam penelitian tersebut, maka kita sampaikan ke KPK,” ujar Suparman, Jumat (10/4).

Ketika LP-AI menemukan adanya penyimpangan pekerjaan proyek di Indonesia umumnya dan Sumbar khususnya, disebutkan Suparman tidak hanya penelitian teknis dan administrasi saja, tapi semua perhitungan kerugian negara juga akan disampaikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Saat ini keberadaan LP-AI sedang dalam proses di Menkumham untuk pengesahan di lembaran negara. “Hanya tertunda karena pemerintah sedang fokus dalam menghadapi pandemi corona Covid-19. Kita harus menghargainya sehingga organisasi ini resmi dan punya izin sampai ke pengumuman di lembaran negara,” ujarnya. (jes)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional