Menu

Longsor Susulan Timbun Jalur Simaka

  Dibaca : 232 kali
Longsor Susulan Timbun Jalur Simaka
LONGSOR—Longsor susulan kembali menimbun ruas jalan Sicincin, Malalak dan Balingka sehingga ruas jalan putus total, tidak bisa dilewat pengendara dari kedua arah.

AGAM, METRO
Longsor susulan kembali menimbun jalur Sicincin- Malalak- Balingka (Simaka), tepatnya di Batu Baapik, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Jumat dini hari (27/11). Sehingga dampak dari longsor susulan tersebut mengakibatkan arus lalu lintas terganggu. Karena, akibatnya material menimbun jalan sepanjang 100 meter, dengan ketinggian sekitar 4 meter yang mengakibatkan jalan provinsi itu putus total. Sehingga, terpaksa pengendaraa mengalihkan jalan ke jalan lain.

Camat Malalak, Ricky Eka Putra Mengatakan bahwa longsor susulan terjadi akibat hujan lebat yang mendera wilayah itu. Longsor susulan dini hari tadi, katanya, lebih parah dari kejadian awal yang terjadi, Kamis dini hari (26/11).”Pembersihan material longsor dilaksanakan hari ini, karena alat berat sudah berada di lokasi sejak kemarin,” kata Ricky.

Pihaknya juga sudah mengusulkan penambahan alat berat kepada Pemprov Sumbar untuk mengatasi kejadian ini. Ia menjelaskan, longsor awal terjadi dini hari kemarin dan sudah dilakukan penanganan, baik secara manual maupun menggunakan alat berat.

Namun, sorenya terjadi longsor susulan dan pembersihan terpaksa dihentikan. “Tingginya intensitas hujan di Malalak sejak semalam, maka dini hari tadi longsor susulan kembali terjadi dengan kapasitas lebih besar,” kata Ricky.

Dengan begitu, akses masyarakat dari Bukittinggi-Padang Pariaman atau sebaliknya ditutup, meski sudah dilakukan sejak kemarin sore, supaya tidak ada pengguna jalan melewati jalur tersebut. “Kita akan upayakan hari ini sudah ada penambahan alat berat, supaya bisa mempercepat penanganan,” sebut Ricky.

Dikatakan, saat ini cuaca di Malalak mendung maka diharapkannya masyarakat tidak melewati jalur itu, karena kondisinya mengkhawatirkan. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional