Menu

Longsor Nyaris Menimbun Rumah Warga, Akses Jalan Putus Total

  Dibaca : 419 kali
Longsor Nyaris Menimbun Rumah Warga, Akses Jalan Putus Total
LONGSOR— Material longsor menutupi badan jalan di Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya dan mengancam satu keluarga yang rumahnya berada dekat lokasi.

AGAM, METRO – Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Agam kembali menimbulkan bencana. Kali ini, bencana longsor dan banjir terjadi di Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Senin (2/12) sekitar pukul 15.00 WIB.

Akibatnya, akses jalan terputus lantaran maetrial tanah longsor menutupi badan jalan. Sementara, banjir merendam rumah warga dengan ketinggian 15 cm. Lokasi yang terdampak longsor dan banjir tersebut, tidak terlalu jauh dari Jorong Galampuang yang sebelumnya dilanda banjir bandang atau galodo menghanyutkan rumah warga.

Kalaksa BPBD Agam, Muhammad Lutfi mengatakan, pasca kejadian, Tim Siaga Bencana BPBD agam telah melakukan penanganan bersama Camat Tanjung Raya, Pemerintah Nagari dan Dinas PUTR dengan membersihkan material longsor agar jalan akses jalan kembali bisa dilalui kendaraan dan membantu membersihkan rumah warga.

“Kita sudah melakukan penanganan sementara berupa pembuatan saluran air dan penyedotan air dalam rumah. Saat ini, air sudah tidak lagi menggenangi rumah warga,” kata Lutfi, Selasa (3/12).

Lutfi menjelaskan, tanah longsor juga terjadi di Durian Rampak, Jorong Batunanggai, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya. Kejadian sekitar pukul 17.30 WIB.

“Pada hari itu, tim gabungan dan masyarakat belum bisa berbuat karena pergerakan tanah masih labil. Dimungkinkan longsor susulan akan terjadi. Namun, setelah hujan reda dan tidak ada lagi pergerakan tanah, material longsor langsung kita bersihkan,” terang Lutfi.

Akibat dampak yang ditimbulkan material menutupi jalan sehingga jalan tidak bisa dilewati atau putus total. Tetapi, setelah dilakukan pembersihan, akses jalan kembali normal dan sudah bisa dilalui kendaraan bermotor. Namun, di dekat longsor, ada satu unit rumah warga yang nyaris tertimbun.

“Dampak longsor di Batunanggai, satu keluarga diungsikan ke rumah tetangga. Yusrizal (40) bersama istri dan 1 orang anaknya harus mengamankan diri agar terhindar dari bahaya longsor,” pungkas Lutfi. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional