Menu

Longsor Mengintai, Tinggal di Lereng Bukit, Warga harus Waspada

  Dibaca : 138 kali
Longsor Mengintai, Tinggal di Lereng Bukit, Warga harus Waspada
Kepala BPBD Kota Padang, Barlius

BYPASS, METRO
Warga yang tinggal di kemiringan atau di kaki bukit diharapkan untuk waspada. Hujan yang datang tiap hari dikhawatirkan akan memicu longsor. Diharapkan masyarakat lebih waspada dengan keselamatan masing-masing.

“Kita mengimbau bagi warga yang tinggal di lereng atau kaki bukit untuk selalu waspada akan bahaya longsor. Karena saat ini intensitas hujan tinggi,” sebut Kepala BPBD Kota Padang, Barlius.

Ia mengatakan, tanah yang sering diterpa air hujan bisa bergeser dan konturnya mengandung air, sehingga rentan longsor. Saat ini, di Kota Padang ada beberapa titik lokasi yang rawan longsor. Seperti di Bukit Gado gado, Seberang Padang, Bukit Turki, Gates dan lainnya. Warga yang tinggal di lereng atau kaki bukit harus siap dengan kemungkinan longsor.

Jika ada tanda-tanda berbahaya terangnya, warga secara mandiri diharapkan segera menyelamatkan diri masing-masing ke tempat yang lebih aman. Kemungkinan terjadinya longsor bisa disebabkan karena hujan yang secara terus menerus dan lebih dari tiga jam.

“Kita berharap jika ada tanda-tanda yang berbahaya, segeralah menyelamatkan diri tanpa harus tunggu intruksi,” tandas Barlius.

Menurut Barlius, fenomena hujan ini akan berlangsung sampai akhir tahun. Tak hanya longsor, kemungkinan bencana banjir juga besar. Saat ini ada beberapa titik banjir, seperti kawasan Lolong, Ulak Karang, Rawang, Lapai, Alai dan beberapa titik lainnya.

Selama beberapa hari belakangan, ada titip longsor di Bungus, yakni di Kelok Jariang. Ia mengimbau semua warga yang tinggal di daerah lereng, agar segera merencanakan untuk mencari dan menetap di tempat yang aman. “Mulailah rencanakan hidup untuk pindah ke tempat yang lebih aman,” tandas Barlius. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional