Menu

Lomba PKK Tingkat Sumatra Barat 2021, Terbaik untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat

  Dibaca : 448 kali
Lomba PKK Tingkat Sumatra Barat 2021, Terbaik untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat
MINUM—Ketua TP PKK Sumbar Harneli Mahyledi , Ketua TP PKK Pariaman Lucy Genius Umar dan Ketua GOW Kota Pariaman Indriati Mardison minum teh telor hijau.

Sebanyak 10 Prog­ram Pokok PKK Kota Pa­ria­man membawa peru­bahan untuk kemajuan daerah yang lebih baik ke depannya. Atas dasar itulah Wali Kota Pariaman H Genius Umar mendu­kung penuh program PKK. Bahan dalam perlom­baan PKK ini hendaknya men­jadi terbaik tingkat Su­matra Barat. Ketua TP PKK Sumatra Barat Harneli Mahyeldi menyatakan sung­­guh indah ukiran jepara, bagus dibuat lemari dan pintu, walaupun Ibu Lucy ingin mendapatkan juara, tapi yang terbaik itu tetap nomor satu. “Kami tidak bisa mengabulkan apa yang diinginkan oleh Ibu Ketua TP PKK Kota Paria­man untuk menjadikan Kota Pariaman sebagai pemenang dalam lomba gerakan PKK Tingkat Pro­vinsi Sumbar ini, karena kami juga tidak menge­tahuinya itu juga adalah rahasia ,  tapi yang bisa kami lakukan adalah beru­saha memberikan peni­laian yang terbaik dan penilaian yang terbaik itulah yang akan menjadi juaranya,” ungkap Ny. Harneli Mahyeldi.

Ketua TP PKK  Provinsi Sumatera Barat Harneli Mahyeldi ini juga menye­butkan bahwa dari hasil penilaian yang mereka lakukan bersama dengan Tim PKK Provinsi, mulai dari tayangan video sam­pai dengan penin­jauan ke lapangan, apa yang dita­yangkan sama dengan apa yang mereka lihat di lapangan, semua­nya be­tul dan tidak me­ngada-ada.

“Kami melihat 10 Program Pokok PKK memang terealisasi di Desa Kam­pung Apar ini. Nampak disini Pokja Tiga ada Aku Hatinya PKK. Ada tana­man bunga untuk mem­pe­rindah lingkungan, ada tanaman obat, dan juga ada tanaman sayur-sayu­ran dan lain sebagainya,” terang Ny.Harneli Mah­yeldi.

Selain itu untuk inovasi dari UP2K kami juga men­co­banya seperti teh telur green tea, produk dari jahelo yang dikom­bina­sikan dengan telur ayam kampung, rasanya sung­guh enak luar biasa dan juga bisa untuk menjaga daya tahan tubuh, belum lagi produk-produk lainnya yang dibuat oleh UP2K Desa Kampung Apar ini.

“Mari kita sama-sama berdoa dan berharap se­mo­ga PKK Kota Pariaman yang diwakili oleh Desa Kampung Apar ini bisa menang dan menjadi ju­ara. Kedepannya kami juga berharap apa yang sudah dilakukan  oleh Ka­der PKK ini bisa dikem­bangkan lagi tentu saja dengan kerjasama dan pembinaan-pembinaan yang kita lakukan antara Kota Pariaman dan Pro­vinsi sehingga UP2K ini bisa lebih maju lagi,” pung­kasnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Lucy Genius Umar me­nya­takan sikap opti­mis­nya bahwa Kota Paria­man Insya Allah akan men­jadi juaranya.

Beliau berucap, dia tentu saja boleh berharap untuk bisa meraih yang terbaik. “Sehingga kita bisa mewakili Sumatera Barat untuk berlomba ke tingkat Nasional. Untuk itu saya mohon doanya dari semua masyarakat Kota Pariaman agar Kota Pa­riaman bisa meraih pres­tasi dalam lomba penilaian gerakan PKK Tingkat Pro­vinsi Sumbar initahun 2021 ini,” ujarnya.

Sementara itu  Wali Kota Pariaman, Genius Umar  saat menerima kunjungan tim penilai PKK Provinsi Sumatera Barat yang diketua oleh Ny. Harneli Mahyeldi beserta rombongan guna menilai PKK Desa Kampung Apar mewakili Kota Pariaman dalam lomba Gerakan P­KK tingkat Provinsi Suma­tera Barat  mengatakan bahwa PKK berperan pen­ting di Kota Pariaman, karena PKK lah yang me­lakukan percepatan pem­bangunan sampai ke ting­kat desa.

“Sehingga Pemerintah Kota Pariaman mem­pu­nyai program unggulan yakni Revitalisasi PKK. Revitalisasi PKK meru­pakan salah satu program unggulan dari visi dan misi Walikota dan Wakil Wali­kota masa jabatan 2018-2023. PKK adalah mitra pemerintah dalam melak­sanakan program pe­me­rintah daerah dalam me­nyukseskan program-program pembangunan da­lam mewujdukan visi pem­bangunan di Kota Paria­man,” ulasnya.

Genius juga menje­laskan bahwa semua program yang ada di PKK, baik itu dibidang pertanian ada PKK di desa. Karena TP-PKK desa yang men­jadi motor dibawah di­tingkat dasawisma agar tidak ada lahan kosong di desa dengan meman­faat­kan pekarangan rumah. Selain itu, juga melakukan sosialisasi pola hidup se­hat, serta ikut menurunkan angka stunting. Sehingga, semua program yang ada di Kota Pariaman ini ada­lah ujung tombaknya PKK. “Semoga penilaian ini ber­jalan dengan lancar, kita semua tentunya berharap Kota Pariaman bisa men­jadi yang terbaik dalam penilain nantinya,” tutup Genius Umar.

Wakil Ketua PKK Kota Pariaman, Ny. Indriati Mardison Mahyuddin me­nyatakan lomba ini telah disipkan jauh jau hari.

Ny. Indriati Mardison Mahyuddin mengung­kap­kan, “Kota Pariaman ter­pilih sebagai tuan rumah lomba jambore kader PKK Tingkat Provinsi Sumbar 2021, yang rencananya akan diselenggarakan pa­da tanggal 6 sampai de­ngan 8 Juli 2021, setelah sempat ditunda pada ta­hun 2020 akibat Pandemi Covid-19 yang saat itu masih dalam tingkat kera­wanan yang sangat tinggi penyebarannya. “Jika ti­dak ada halangan, renca­nanya lomba jambore ini akan diikuti oleh 19 peserta dari Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat, dengan jumlah masing-masing peserta  sebanyak 15 orang. Untuk tempat acara pembukaan renca­nanya akan diseleng­gara­kan di  depan Pentas Seni Gandoriah Kota Paria­man, sekaligus diramaikan dengan pameran dari U­sa­ha Peningkatan Penda­patan Keluarga (UP2K) PKK,” terang Wakil Ketua PKK Kota Pariaman ini.

Lebih lanjut Indriati Mardison Mahyuddin men­jelaskan dalam rapat tersebut, Lomba Jambore PKK akan berjalan sesuai dengan syarat yang telah ditentukan, artinya meli­hat kondisi penyebaran Covid-19 saat ini. Jika Kota Pariaman berada dalam zona kuning atau hijau baru kegiatan itu akan dilaksanakan, dan untuk peserta yang datang me­reka harus mengikuti pro­tokol kesehatan yang te­lah ditetapkan seperti membawa bukti kese­ha­tan dari hasil swab dan vaksin. Sebaliknya jika Kota Pariaman dalam zo­na orange atau merah maka kegiatan lomba ter­sebut akan ditunda kem­bali.

Untuk tempat lomba sendiri rencananya akan dilaksanakan di empat lokasi yaitu di Aula Balai Kota Pariaman, Pendopo Rumah Dinas Walikota Pariaman, Ruangan Aula SMKN 2 Pariaman, dan Aula Gedung BP PAUD dan Dikmas Sumatera Barat di Desa Rawang. “Kita ber­harap semoga pandemi covid-19 segera berakhir, dan Kota Pariaman serta Kabupaten/Kota lainnya yang di Sumatera Barat segera masuk dalam zona hijau atau kuning, sehing­ga kegiatan ini bisa ter­laksana dengan baik dan lancar, dengan selalu meng­gunakan protocol kese­hatan covid-19”, tegas Wakil Ketua PKK Kota Pa­riaman Indriati Mardison Mahyuddin.

Sementara itu Sek­da­ko Pariaman, Yota Balad me­nyatakan du­kungan­nya terhadap kegiatan tersebut asalkan bisa men­jaga protokol kesehatan dengan ketat. “Dengan adanya peserta jambore PKK menginap selama beberapa hari di Kota Pariaman, harapan kami mereka akan bisa me­nam­bah pemasukan un­tuk PAD Kota, dan seka­ligus mereka bisa melihat Kota Pariaman dengan segala keindahan wisata yang ada dan menikmati kuliner yang ada di Kota Pariaman. Semoga ke­giatan ini kedepannya membawa manfaat untuk kita semua dan juga bisa membantu perekonomian masyarakat Kota Paria­man,” tambahnya meng­akhiri. (***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional