Close

Lomba Pasar Rakyat Tingkat Sumatera Barat, Pasar Paraman Pasbar Raih Juara 2

Struktur Perangkat Nagari Rabi Jonggor Wali Nagari Niswan Adil.Spd Sekna Warta Irawan Lubis AM.d Ketua Bamus Zulfahri Nasution Ketua KAN Edi Kumala Nasution Ketua LPMN Husnita Lubis Kaur Umum Rita Diana Kaur Keuangan Dame Rosalia Kasi Pemerintahan Roni Kumala Kasi Pelayanan Sri Maryati Kasi Kesra Ajrul Huda

PASAR Paraman, Nagari Rabijonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat berhasil meraih juara Dua tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022 kategori pasar rakyat yang dikelola pemerintah nagari.

Atas keberhasilan menjadi juara 2 tingkat Provinsi Sumatera Barat, Pasar Pa­raman menerima hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 20 juta rupiah, yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pasbar Pahrein didampingi oleh Wali Nagari Rabi Jonggor Niswan Adil, kepada POSMETRO kemarin.

Bupati Pasbar H. Hamsuardi melalui, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pasbar Pah­rein, S.Sos. M.Si meng­ungkapkan, penyerahan hadiah lomba pasar rakyat yang dikelola pemerintah nagari tahun 2022 tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Perindag Provinsi Su­matera Barat, Asben Hendri.

Sebelumnya pasar Pa­raman yang terletak di Kecamatan Gunung Tuleh menjadi perwakilan Kabupaten Pasaman Barat da­lam lomba pasar rakyat yang dikelola pemerintah nagari tahun 2022 yang di­selenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat.

Dikatakan Pahrein, bahwa pasar Nagari Rabi Jonggor memang begitu ada­nya. Tidak ada rekayasa atau perubahan bentuk dari kondisi pasar.

 “Namun, tentunya Nagari atau pemerintah nagari tetap memperhatikan pasar nagari ini. Mulai dari pembangunan sarana pra­sarana fasilitas umum,” katanya.

 Sarana dan prasarana yang telah ada di pasar Nagari Rabi Jonggor telah dilengkapi. Mulai dari fasi­litas umum hingga pengelolaan pasar.”ungkapnya.

Insya allah tahun 2023, nanti Bupati Pasbar, H.­Hamsuardi, menganggarkan sekitar Rp 1 Miliyar untuk, pembanguan Pasar Paroman, ini tanda bahwa kita Pemda Pasbar mendukung kegiatan Pasar Nagari.Semoga kedepan lebih mantap lagi pasar­nya, baik fasilitas atau pun sarana dan Prasa­rana­nya,”ungkap nya.

Sementara itu, Wali Nagari Rabijonggor Nis­wan Adil menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh lapisan yang terlibat , sehingga Pasar Paraman terpilih menjadi  terbaik ke 2  Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Ada beberapa kategori yang dinilai oleh tim penilai dari provinsi seperti kelengkapan sarana dan pra­sarana seperti Sanitasi yang ada di pasar, kebersihan pasar, pengelompokan pedagang berdasarkan jenis dagangan, pe­ngelolaan pasar yang je­las, sarana parkir, musholla dan toilet umum yang ada di pasar.

“Kategori penilaian itu mengacu kepada standar yang telah ditetapkan,” katanya.

 Selama ini, bahwa pe­ngelolaan Pasar Nagari Rabi Jonggor ada kerjasama yang baik antar unsur di Nagari. Mulai dari Camat, Wali Nagari hingga unsur Forkopimca dan tentunya ada pengawasan dari dinas terkait. Sehingga tercipta lah pasar yang aman, nyaman bagi ma­syarakat.

“Alhamdulillah dan te­rimakasih atas dukungan semua pihak,  baik dari pemerintah daerah, kecamatan, Nagari dan seluruh lapisan  yang mendukung,  sehingga kita memperoleh juara Dua Kategori Pasar rakyat yang dikelola oleh pemerintah nagari,” ujar­nya Niswan Adil.

Sementara itu Ketua Bamus Nagari Rabi Jonggor Zulfahri Nasution me­ngatakan, kita ucapkan terima kasih banyak, kepada seluruh unsur yang ada di Nagari, karna berkat dukungan bersama, kita bisa menraih Juara Dua lomba Pasar Tradisional ini,” kata Zulfahri.

Dikatakan Zulfahri, kita berharap kedepan atau tahun depa kalau masih ada, perlombaan seperti ini lagi, kita akan berupaya untuk menjadi juara Satu, segala bentuk, persyaratan dan lainya akan kita penuhi. “Kita dari unsur Bamus akan perjuangkan dan akan kita bantu untuk mewujudkan impian kita untuk menjadi juara Satu tingkat Sumbar dan tidak tertutup kemungkinan untuj tingkat Nasional,” te­rangnya.

Terpisah, Camat Gunung Tuleh M Ghor mengatakan, kita ucapakan terima kasih kepada seluruh unsur yang telah berparan aktif, pada Pasar Paroman ini.”Kita dari Kecamatan sangat mendukung penuh kegiatan yang ada di Pasar Rakyat Paroman itu yang di kelola baik oleh pihak Nagari,”kata M Ghor sing­kat

Ketua tim penilai lomba pasar nagari tingkat Provinsi Sumatera Barat Hotna Hirawati  mengatakan, bahwa penilaian pasar Nagari Rabi Jonggor merupakan penilaian pasar nagari yang terakhir.

Namun, tentunya diharapkan nilai dari pasar Nagari Rabi Jonggor menjadi yang pertama bukan yang terakhir. Sedangkan jumlah pasar yang dinilai oleh tim mencapai 20 unit pasar dengan dua kategori yakni Pasar Nagari dan Pasar Pemda. “Tahun ini, di Pasbar Pasar Nagari Rabi Jonggor yang kami nilai dan masuk nominasi lomba Pasar Nagari,” katanya.

 Ada beberapa kategori yang dinilai oleh tim penilai dari provinsi seperti kelengkapan sarana dan pra­sarana seperti Sanitasi yang ada di pasar, kebersihan pasar, penge­lom­pokan pedagang berdasarkan jenis dagangan, pe­ngelolaan pasar yang je­las, sarana parkir, musholla dan toilet umum yang ada di pasar.

 “Kategori penilaian itu mengacu kepada standar yang telah di tetapkan,” katanya.

 Ia menilai bahwa pe­ngelolaan Pasar Nagari Rabi Jonggor ada kerjasama yang baik antar unsur di nagari. Mulai dari camat, wali nagari hingga unsur Forkopimca dan tentunya ada pengawasan dari dinas terkait. Sehingga tercipta lah pasar yang aman, nyaman bagi masyarakat. (end)

Struktur Perangkat Nagari Rabi Jonggor
Wali Nagari Niswan Adil.Spd
Sekna Warta Irawan Lubis AM.d
Ketua Bamus Zulfahri Nasution
Ketua KAN Edi Kumala Nasution
Ketua LPMN Husnita Lubis
Kaur Umum Rita Diana
Kaur Keuangan Dame Rosalia
Kasi Pemerintahan Roni Kumala
Kasi Pelayanan Sri Maryati
Kasi Kesra Ajrul Huda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top