Menu

Lomba Mewarnai Merangsang Kreativitas Anak, Tilatang Kamang Muncul Sebagai Juara Umum

  Dibaca : 102 kali
Lomba Mewarnai Merangsang Kreativitas Anak, Tilatang Kamang Muncul Sebagai Juara Umum
MEWARNAI— Anak-anak Paud sedang mengasah kreativitasnya untuk menggali potensi diri dengan mewarnai gambar dalam lomba kreativitas anak.

AGAM, METRO – Kecamatan Tilatang Kamang, keluar sebagai juara umum pada lomba kreativitas anak Paud, tingkat Kabupaten Agam tahun 2018. Penobatan Kecamatan Tilatang Kamang sebagai juara umum di laksanakan di lapangan Bidasari Kapau Kecamatan Tilatang Kamang, Selasa (9/10).

Di mana dalam katergorinya Tilatang Kamang berhak meraih juara umum, karena berhasil meraih juara terbanyak dari enam cabang kategori perlombaan, dibanding ke-camatan lain masing-masing lomba nyanyi solo dengan judul Gernas Baku, hafiz baca ayat pendek, finger painting, kolase, baju kuruang basiba dan lomba mewarnai/menggambar.

Dari lomba tersebut, Tilatang Kamang berhasil meraih juara 1 lomba nyanyi solo dengan judul Gernas Baku, juara 2 baju kuruang basiba dan juara 2 hafizh ayat pendek.

Penyerahan hadiah dilakukan Bunda Paud Agam, Ny Vita Indra Catri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Isra, anggota DPRD Sumbar Nofrizon, Kabid Pembinaan Paud dan Dikmas, Yeni Sofnidel, Bunda Paud Kecamatan Tilatang Kamang, Ny Voni Ade Harlien.

“Subtansi dari kegiatan ini bukan siapa menang dan kalah, tapi makna sebenarnya adalah memberikan ruang kepada anak-anak melalui kegiatan lomba ini, agar mereka bisa saling berinteraksi dengan teman-temannya, sekaligus mengevaluasi kinerja pendidik Paud di lapangan,” ujar Bunda Paud Kabupaten Agam.

Terkait kegiatan tersebut, anggota DPRD Sumbar, Nofrizon memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidik dan Kebudayaan Kabupaten Agam, beserta para Bunda Paud atas perhatiannya dalam memberikan ruang untuk berkreasi dan berinovasi kepada generasi emas melalui kegiatan lomba kreativitas anak.

“ Kami di badan legislatif suport kegiatan-kegiatan pendidikan, khususnya Paud/TK melalui tim TAPD kita selalu mengawal dan mengiring kegiatan ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Nofrizon memberikan bantuan uang tunai kepada panitia dan juara umum sebesar Rp.2.500.000.

Mewarnai Rangsang Kreativitas
Semua orangtua ingin anaknya kreatif. Sebab, dengan kreativitas bisa mengembangkan potensi anak sejak dini. Untuk merangsang imajinasi, salah satunya dengan mengikuti lomba mewarnai.
Dengan lomba ini, seo-rang anak diajak berimajinasi tentang alam dan lingkungan sekitar. Hal itu terbangun dalam kegiatan yang diikuti di 96 orang anak Paud di Kabupaten Agam, di lapangan Bidasri Kapau, Tilatang Kamang, Selasa (9/10).

Mereka asyik berkutat dengan peralatan mewarnai. Berupa seperangkat crayon, pensil, meja lipat serta kuas untuk merapikan warna. Dalam kesempatan itu Ketua Panitia, Yeni Sofnidel, menyebutkan kriteria penilaian meliputi komposisi warna, kebersihan, kerapian, hasil akhir.

Total hadiah yang diperebutkan berupa uang tunai beserta trophy dan piagam pemenang juara terbaik. “Tujuan diadakan lomba mewarna ini untuk mengasah kreativitas anak-anak serta mengajak mereka berprestasi melalui lomba mewarnai,” ujarnya.

Selain lomba mewarnai, para anak-anak juga mengikuti lomba peragaan baju kuruang basiba, membacakan ayat pendek, lomba mewarnai dan lomba nyanyi minang solo.

Seperti Shifa (5) yang terlihat bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Pagi itu Shifa datang bersama orangtuanya didampingi oleh pendidik Paudnya “Shifa suka kalau mewarnai, apalagi kalau menggambar pakai crayon, jadi semangat,” ujarnya malu-malu.

Ibu Shifa, Syafriani mengaku mengajak anaknya ikut lomba sebagai hiburan saat libur. “Kebetulan lokasi acara tidak jauh dari rumah, ada wahana bermainnya juga. Jadi cocok untuk anak-anak. Apalagi anak saya suka hal-hal yang warna-warni,” ulasnya bangga. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional