Close

Lomba Masak Inovasi Serba Ikan & Jingle Gemar Ikan, 36 Persen Warga Kota Sawahlunto Mengkonsumsi Ikan

PENILAIAN— Juri sedang melakukan penilaian lomba memasak olahan ikan yang diadakan Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, METRO–Ayo makan ikan itulah ajakan Walikota Sawah­lunto Deri Asta, saat mem­buka lomba “Masak Inovasi Serba Ikan dan Lomba Jingle Gemar Ikan Tingkat SLTA se Kota Sa­wahlunto tahun 2021, Kamis (4/11).

Ajakan itu diutarakan Wako Deri Asta untuk membuka wacana ge­ne­rasi muda Sawahlunto agar menggemari kuliner olahan Ikan yang tinggi gizi dan Protein nya berguna bagi tumbuh kem­bang otak agar cerdas, sehat dan kuat.

Sebagai perbandingan warga Sawahlunto masih berada di bawah Provinsi Sumbar dalam mengkonsumsi ikan, menurut data persentase Sawahlunto setahunnya 36 persen warganya mengkonsumsi ikan. Sedangkan untuk rata-rata di Provinsi Sumbar itu mencapai 40 per­sen. Artinya ke depan harus meningkatkan lagi konsumsi ikan, agar ge­nerasi muda cerdas, inovatif, kreatif dan sehat selalu. Tujuannya di zaman milenial ini bisa menyamai negara maju seperti Je­pang yang rata-rata ma­syarakatnya menjadikan Ikan konsumsi sehari-hari yaitu di atas 100 persen.

“Sehingga dampak­nya mereka menjadi negara yang maju dalam ber­bagai hal karena tingkat kecerdasan mereka sa­ngat baik, menurut penelitian selain protein da­ging, protein ikan pun sa­ngat bagus untuk proses pengembangan otak dan fisik anak,” kata Deri Asta, ketika membuka lomba olahan ikan dan jingle gemar makan ikan di Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto (GPK).

Kadis Pertanian Perikanan dan Pangan Sa­wahlunto Heni Purwaningsih menginformasikan untuk saat ini menfokuskan pada tingkat SLTA agar para remaja menyebarkan informasi ini dan mengajak keluarga, teman dan kerabat nya untuk me­nyenangi makan ikan yang protein nya cukup tinggi dan bagi kesehatan tubuh.

“Untuk lomba mema­sak olahan daging ikan ada 4 SLTA yang ikut, yaitu SMK 1, SMA 2, MAN dan SMK 2 dan untuk jingle gemar makan ikan ada 10 peserta tingkat SLTA se Kota Sawahlunto yang mengikuti,” kata Heni.

Menurut Heni, hasil dari pemenang ini akan dibawa ke tingkat Provinsi, jumlah total uang yang akan diberikan kepada kedua lomba sebesar Rp 9 juta. “Hasil lomba baru keluar sore ini untuk lomba memasak olahan ikan dimenangkan SMA 2,  juara 2 direbut MAN dan juara 3 disabet SMK 1. Untuk lomba jingle gemar ikan dimenangkan SMA 1, juara 2 MAN dan juara 3 SMK 1. Masing-masing uang yang diperoleh juara 1 Rp 2 juta, juara 2 Rp 1,5 juta dan juara 3 Rp 1 juta,” kata Heni. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top