Menu

Lomba Kelurahan Berperestasi Sumbar, Manggis Gantiang Masuk Tiga Besar

  Dibaca : 73 kali
Lomba Kelurahan Berperestasi Sumbar, Manggis Gantiang Masuk Tiga Besar
SAMBUT— Tim penilai Lomba Kelurahan berprestasi Sumbar disambut Wawako Bukittingi Irwandi. (ulfa/posmetro)

BUKITTINGGI, METRO – Kelurahan Manggis Gantiang Kecamatan MKS masuk tiga besar Penilaian Kelurahan Berprestasi Tingkat Sumbar. Menindaklanjutinya Tim Penilai dari Pemprov Sumbar datang ke Kelurahan Manggis Gantiang untuk melakukan verifikasi lapangan, Rabu (12/6). Rombongan tim penilai langsung disambut Wakil Walikota Bukittinggi beserta Ketua TP PKK, Forkopimda, Ketua GOW, Ketua Dharma Wanita, Camat MKS, Lurah Manggis Gantiang serta SKPD terkait.

Tokoh masyarakat Kelurahan Manggis Gantiang Inyiak MA Datuak Parpatiah mengatakan, masuknya Keluarahan Manggis Gantiang menjadi tiga besar Provinsi itu tidak lepas dari kinerja lurah yang begitu aktif, selalu ada dalam setiap kegiatan. Menurut Inyiak MA Datuak Parpatiah, Lurah selalu ikut serta dalam kegiatan masyarakat, tidak hanya mengajak saja. Sehingga sepanjang hal positif yang ditelorkan lurah, masyarakat dengan mudah bersedia menerapkan.

Sementara, Syafrizal Dt Nan Batuah ketua rombongan mengatakan, penilaian lomba kelurahan tahun 2019 memang berbeda dengan perlombaan tahun sebelumnya. Menurutnya, dari segi Administrasi dan dari data yang sampai, memang Bukittinggi lebih unggul dari daerah lain nya.

Hari ini ia beserta tim datang untuk melakukan penilaian ekspose dari Lurah Manggis Gantiang dan Penilaian Kelompok yang terdiri dari, bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, bidang pendidikan dan masyarakat, bidang kesehatan masyarakat, bidang ekonomi, bidang PKK, bidang kelembagaan dan partisipasi masyarakat. Menurut Syafrizal, disinilah nilai tertinggi, yaitu saat diskusi kelompok.

Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi mengatakan, Kelurahan Manggis Gantiang merupakan salah satu dari 9 kelurahan yang ada di Koto Selayan. Kelurahan ini telah beberapa kali mempunyai prestasi baik skala provinsi maupun Kota Bukittinggi sendiri. Kelurahan ini dinilai istimewa karena telah memiliki taman bacaan yang kondusif bernama sudut baca sanjai (subasa). Kelurahan ini punya motto pelayanan CERIA – Cepat Efisien Efektif Ramah Ikhlas dan Akuntabel. Pelayanan CERIA ini sudah dirasakan masyarakat.

Tingginya rasa kebersamaan dan kegotong royongan masyarakat juga menjadi kelebihan Kelurahan Manggis Gantiang. Menurut Irwandi, banyak inovasi yang telah dilakukan, seperti potensi daur ulang, terlihat dari papan bubga ucapan selamat berasal dari sampah daur ulang. Di Kelurahan Manggis Gantiang pun sudah ada Sekolah Keluarga. Tujuannya bagaimana kita memberdayakan masyarakat , bagaimana kita memberikan pemahaman masyarakat terhadap fungsi keluarga.

“Dampaknya luar biasa selain membentuk keluarga sakinah mawaddah wa rahmah, juga melindungi anak kita dengan pendidikan tentang LGBT, AIDS, Narkoba, dan pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat yang masih rentan dalam faktor ekonomi,” ujar Irwandi.

Dengan sederat prestasi dan inovasi dari Lurah dan aparat kelurahan Manggis Gantiang, Irwandi yakin Kelurahan Manggis diharapkan akan bisa mewakili Sumbar ketingkat Nasional, sesuai dengan target warga Kota Bukittinggi. (u)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional