Close

Lomba Cerdas Quran Tingkat Pelajar se-Kabupaten Limapuluh Kota Digelar

LOMBA CERDAS QURAN— Bupati Limapuluh Kota, Safarudin saat membuka secara langsung lomba Cerdas Quran PadangTV tingkat pelajar SD dan SMP s-Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (13/6).

LIMAPULUH KOTA, METRO–Bupati Limapuluh Kota, Safarudfin Dt Bandaro Rajo menyambut baik program Cerdas Quran tingkat Pe­lajar se-Kabupaten Lima­puluh Kota.  Program ini mewujudkan Kabupaten Limapuluh Kota yang ma­dani, beradab dan berbudaya.

“Melalui program Cerdas Quran, akan muncul ahli Al Quran di Kabupa­ten Limapuluh Kota di masa mendatang,” harap Safarudin saat membuka secara langsung lomba Cerdas Quran PadangTV tingkat pelajar SD dan SMP s-Kabupaten Limapuluh Kota, Senin, (13/6).

Safarudin juga me­nga­presiasi langkah yang digagas Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Ko­ta dan PadangTV yang mengelar program Cerdas Quran tingkat SMP dan SD se Kabupaten 50 Kota mulai 13 hingga 23 Juni 2022 mendatang.

Safaruddin menjelaskan even tersebut menjadi suatu motivasi baginya untuk siswa menunjukkan kemampuan siswa dalam memahami Al Quran.  “Khu­sus tahun ini, dilakukan pengembangan Cerdas Quran. Di mana disertakan pertanyaan seputar budaya Minangkabau. Sesuai dengan program Ka­bupaten Limapuluh kota. Di mana adat dan Tafiz Quran menjadi mata pelajaran khusus. Juga akan dimasukkan dalam silabus pe­n­didikan sehingga terbentuk generasi yang Qurani dan berbudaya” terang Politisi Partai Golkar itu.

Lebih jauh Safarudin memaparkan untuk menghadapi perkembangan zaman yang begitu cepat dengan kecanggihan tek­nologi, sudah saatnya pe­laku di bidang pendidikan, khususnya guru-guru di sekolah harus mempersiapkan anak-anak didik untuk siap menghadapi tantangan tersebut.

Kepada setiap guru dan insan pendidikan di Kabupaten Limapuluh Kota, Safarudin mengingatkan, a­gar menghindari teguran secara fisik seperti memukul, berdiri, menjewer anak-anak.  “Karena tidak zamannya lagi pendekatan secara fisik dalam menegur siswa. Tidak saatnya lagi dalam mendidik ge­nerasi dengan kekerasan. Pendekatan secara emosional dan budaya perlu diberikan kepada anak-anak,” tegas Safarudin.

Safarudin juga menambahkan, pentingnya peranan guru dan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran dan disiplin kepada peserta didik. Karena hal tersebut pondasi yang nantinya akan berperan dalam membentuk ka­rakter akhlak mereka di masa yang akan datang. Event Cerdas Quran juga menghadirkan Bunda PA­UD Kabupaten Limpuluh Kota, Nevi Safaruddin. Menurutnya, program Pa­dangTV ini  tentunya sa­ngan sejalan dengan filo­sofi Minangkabau “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”.

Al Quran adalah petunjuk bagi umat manusia. Setiap huruf yang dibacakan mengandung pahala dan menuntun setiap muslin ke arah yang lebih baik.  “Me­reka yang membaca, mencintai dan mengamalkan Al Quran surga balasannya. Karena di dalam Al Quran ini berisi semua petunjuk bagi umat manusia ciptaan Allah SWT”, tutup Safarudin bersama istri yang da­lam kesempatan tersebut ikut menyerahkan Al Quran secara simbolis kepada guru-guru yang hadir. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top