Close

Lolos Putaran Final Piala Asia U-20, Indonesia bisa Satu Grup dengan Jagoan Asia

RAYAKAN GOL—Pemain Timnas U-20 Indonesia, Marselino Ferdinan, merayakan gol ke gawang Vietnam dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 di Gelora Bung Tomo, Minggu, (18/9) malam.

SURABAYA, METRO–Usai memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 setelah menguasai grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Timnas Indonesia U-20 berpeluang satu grup dengan jagoan Asia seperti Korea Selatan, Jepang dan Iran pada babak penyisihan grup Piala Asia U-20 2023.

Seperti diketahui, Piala Asia U-20 2023 akan digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret tahun depan yang diikuti oleh 16 peserta. Mes­kipun belum ada jadwal pasti kapan drawing akan dilakukan, namun untuk pembagian pot tim yang akan berlaga telah dilakukan.

Untuk saat ini, Timnas Indonesia U-20 masuk pot ketiga sementara di Piala Asia U-20 bersama Yordania, China, dan Vietnam. Sementara, pot pertama diisi tuan rumah, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Qatar. Adapun, pot kedua dihuni oleh Jepang, Tajikistan, dan dua tim lainnya yang belum dapat dipastikan.

Timnas Indonesia U-20 dan Yordania bisa saja pindah ke pot kedua berdasarkan hasil Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20. Dari sepuluh grup di Kualifikasi Piala Asia U-20, tinggal Grup H saja yang belum bertanding dan baru dijadwalkan bermain pada 14-18 Oktober 2022. Grup H diisi oleh Australia, Irak, India, dan Kuwait. Australia tidak jadi mundur setelah jatah tuan rumah digeser dari Irak ke Kuwait.

Sedangkan pot keempat, ditempati oleh Iran, Oman, Suriah, dan Kirgistan. Iran dan Oman juga dapat bergeser ke pot ketiga, namun tetap bergantung dengan hasil Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20.

Jika penempatan pot tidak berubah, maka Timnas Indonesia U-20 dapat satu grup dengan tim pot pertama seperti Korea Selatan, pot kedua semodel Jepang, dan pot keempat semisal Iran.

Penentuan pot alias daftar unggulan untuk pe­ngundian babak penyisihan ditentukan oleh performa setiap tim di Piala Asia U-19 2018.

Dalam turnamen edisi sebelumnya itu, Timnas Indonesia U-20 yang bernama timnas U-19 gugur di babak perempat final se­telah kalah 0-2 dari Jepang.

Seperti diketahui, Timnas U-20 Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 setelah menundukkan Vietnam 3-2 dalam babak Kualifikasi Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9) malam.

Berkat kemenangan ini Indonesia pun menjadi juara Grup F dengan koleksi 9 poin dan berhak lolos ke putaran final Piala Asia 2023 yang akan digelar Uzbekistan tahun 2023. Sementara Vietnam tetap lolos dengan status runner up terbaik

Gol-gol kemenangan Indonesia dilesakkan Mar­selino Ferdinan, Muhammad Ferarri, dan Rabbani Tasnim. Sementara gol balasan Vietnam dicetak Ngu­yen Thanh Nhan dan Tran Ngc Sõn.

Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Shin Tae-yong mengusung formasi 4-4-2. Dia menurunkan penjaga gawang Aditya Arya menggantikan Cahya Supriadi yang cedera.

Hokky Caraka dan Ro­naldo Kwateh menjadi duet di lini depan. Duet ini di­dukung barisan gelandang yang terdiri dari Ginanjar Wahyu, Dimas Pamungkas, Arkhan Fikri, dan Zanadin Fariz. Sementara barisan belakang dikawal Frengky Missa, Kakang Rudianto, Muhammad Ferarri, dan Robi Darwis.

Indonesia sukes men­cetak gol dan mengubah skor menjadi 1-0 berkat gol Marselino Ferdinan menit ke-59. Setelah mendapat sodoran dari kiri, Marselino menggocek bola sebentar mencari ruang tembak dan melepaskan tenda­ngan dari luar kota penalti yang memperdaya kiper Cao Van Bình.

Keunggulan Indonesia tak bertahan lama. Vietnam menyamakan kedu­dukan menjadi 1-1 pada menit ke-65. Gol dicetak Nguyen Thanh Nhan yang berhasil mencocor bola memanfaatkan umpan me­nyusur tanah. Kapten Indonesia Ferarri yang berupaya menghalangi gagal menahan bola masuk ke gawang.

Vietnam ganti me­mimpin menjadi 2-1 pada menit ke-78 melalui aksi Tran Ngc Sõn. Pemain nomor punggung 3 ini mendapat umpan dan menyelesaikannya dengan tenda­ngan kaki kanan.

Namun keunggulan Viet­nam juga tak berlangsung lama. Kapten Indonesia, Ferarri membawa timnya menyamakan skor men­jadi 2-2 pada menit ke-81. Ferarri menjebol ga­wang Vietnam dengan sundulan memanfaatkan se­pak pojok.

Indonesia kembali me­mimpin menjadi 3-2 pada menit ke-84 berkat gool Rabbani Tasnim. Gol berawal dari tusukan yang dilakukan Afriyanto Nico dari sisi kanan. Bola yang ditendangnya berhasil melewati kiper Vietnam. Rabbani yang sudah menunggung di tiang jauh dengan mudah menceploskan bola ke gawang Vietnam. (*/rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top