Menu

LKAAM Dukung Pembangunan Daerah di Kota Pariaman

  Dibaca : 74 kali
LKAAM Dukung Pembangunan Daerah di Kota Pariaman
BERBINCANG— Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono berbincang dengan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Rumah Sehat Covid-19 di Kampus II FIK UNP, melalui video call.

PARIAMAN, METRO–Pengukuhan dan pelantikan Lembaga Kera­patan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) menjadi lembaga adat sebagai pilar pem­bangunan dan pemberdayaan masyarakat dalam suatu daerah.

Hal tersebut, menjadi kepercayaan penuh kepada Niniak Mamak Dan Bundo kanduang dalam menata dan menjalankan sistem sosial budaya ditengah masyarakat, khususnya di Kota Pariaman.

Dengan habisnya periodesasi LKAAM Kota Pariaman sebelumnya, maka telah dilaksanakan rapat pengurus LKAAM Kota Pariaman untuk membentuk LKAAM yang baru dalam Musya­warah Daerah (Musda) III Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) dan Bundo Kanduang pada bulan Februari lalu dengan terpilihnya Dr. H. Genius Umar Rangkayo Rajo Gandam sebagai Ketua LKAAM periode 2021-2026.

Sehingga, sudah dinyatakan oleh LKAAM Sumbar, dan dilakukan pelantikan dan pe­ngukuhan kepengurusan LKAAM yang baru oleh Ketua LKAAM Sumbar M. Sayuti Datuak Rajo Panghulu di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (30/6/2021), sekaligus mengukuhkan juga Bundo Kanduang Kota Pariaman dan DPD LPM Kota Pariaman.

Usai dilantik dan dikukuhkan, Ketua LKAAM Kota Pariaman, H. Genius Umar Rangkayo Rajo Gandam, yang juga Walikota Pariaman itu sam­paikan ucapan terimakasih kepada niniak mamak se Kota Pariaman atas amanah yang diberikan untuk memimpin LKAAM Kota Paria­man.

Menurut Genius, serta keberadaan adat yang ada di Kota Pariaman ini kami harapkan membantu Pemerintah Kota Pariaman dalam menggali potensi-potensi daerah dalam mewu­judkan pembangunan dan pemberdayaan, khususnya membangkitkan kembali kerarifan lokal yang pernah kita miliki.

“ Dan juga keberadaan niniak mamak yang ter­gabung dalam LKAAM dan KAN nantinya, da­pat dijadikan sebagai sarana untuk mem­per­satukan sanak kemenakan dalam mensuk­seskan pembangunan Kota Pariaman,” ujar Genius.

Di samping melestarikan nilai-nilai luhur adat Minangkabau serta mengembangkan falsafat adat Minangkabau yaitu Adat basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah, jelas Genius, Kita selaku niniak mamak, juga harus bisa me­nyesuaikan dengan keadaan saat ini.

“ Seperti kita juga harus bisa menguasai gadget dan IT, agar tahu apa yang sedang diker­jakan oleh anak kemenakan  kita, sehingga peran Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan LPM, benar-benar menyasar dengan perkembangan zaman yang kita rasakan saat ini,” tukas Genius.

Genius berharap, dengan keberadaan pengurus LKAAM yang baru, kita saling bersinergi bersama Bundo Kanduang dan DPD LPM Kota Pariaman agar dapat menjalankan amanah dan tugas dengan baik kedepan­nya.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional