Close

Liverpool vs Villarreal,Awas…! ‘Pembunuh’ Raksasa

Leg I Semifinal Liga Champions di Anfield, Kamis (28/4). Kickoff pukul 2.00 WIB

Liverpool bakal men­ja­mu Villarreal dalam duel se­mifinal leg pertama Liga Champions 2021-2022 di Anfield, Kamis 28 April 2022, dijad­walkan kick-off jam 02:00 WIB. Laga ini diprediksi akan berlangsung dengan sengit.

Walau Liverpool sedi­kit diunggulkan dalam laga ini. Namun, enggan menganggap remeh sang ta­mu Vil­larreal.

The Reds ju­lukan Liverpool akan waspada me­­nginggat sang lawan Villar­real merupakan tim yang sudah be­berapa kali membuat keju­tan di liga champions musim ini.

Diketahui Kapal Se­lam Ku­ning – julukan Villar­real  berhasil menyingkirkan dua tim raksasa, yakni Ju­ventus di babak 16 besar berkat keunggulan agregat 4-1, serta Bayern Muenchen di perempat final.

Liverpool arahan Juer­gen Klopp harus berhati-hati ketika bersua sang tamu Villarreal besutan Unai Emery.

Pasalnya Villarreal men­jadi tim kuda hitam yang tak diperhitungkan dengan mampu menem­bus babak semifinal se­telah menyingkirkan dua raksasa Eropa.

The Reds berhasil lolos ke semifinal setelah di perempat final berhasil mengkandaskan perlawa­nan Benfica dengan agre­gat 6-5.

Sementara Villarreal mampu membuat kejutan dengan menumbangkan rak­sasa Jerman, Bayern Muen­chen dengan agregat 2-1.

Klopp harus waspada jika tak ingin dipermalukan dalam laga yang digelar di kandang sendiri.

Terlebih lagi, Klopp per­nah dikalahkan Emery saat masih menangani Sevilla ketika bertemu di final Liga Europa 2015-2016. Tak he­ran Emery adalah raja KO (knockout/babak gugur).

Jurgen Klopp tidak ter­lalu dipusingkan dengan kebugaran pemainnya. Ro­berto Firmino adalah satu-satunya pemain yang diragukan tampil untuk menghadapi Villarreal.

Klopp tampaknya akan melakukan rotasi untuk menyambut jadwal bulan Mei yang padat. Ibrahima Konate, Jordan Henderson, dan Luis Diaz kemung­kinan akan memulai laga sebagai starter setelah berada dicadangkan saat melawan Everton.

Sadio Mane masih akan menjadi ancaman di depan gawang lawan. Pemain in­ter­nasional Senegal se­dang dalam performa ter­baik dengan lima gol dari enam penampilan ter­akhir­nya.

Pemain berusia 30 ta­hun adalah favorit panas ka­rena kegemarannya mem­berikan gol di pertandingan terbesar, seperti yang telah kita lihat baru-baru ini melawan Manchester City, Manchester United dan Benfica.

Di kubu tamu, Alberton Moreno diprediksi tak akan memperkuat Villarreal. Ia mengalami cedera dan kemungkinan akan absen panjang. Sementara  pe­main lain masih diragu­kan untuk merumput, yaitu Fran­cis Coquelin.

Villarreal tercatat baru tiga kali tampil di perempat final sejak Liga Champions musim 2005-2006.

Perjalanan Villarreal yang berhasil menying­kirkan tim-tim raksasa menjadi ancaman tersen­diri bagi Liverpool.

Pantas Juergen Klopp angkat bicara terkait tim­nya yang akan bersua The Yellow Submarines.

Klopp mengingatkan skuadnya tak menganggap enteng Villarreal.

Pelatih bekebangsaan Jerman tak ragu menyebut Villarreal adalah lawan berat.

“Berat, berat dan be­rat,” begitu kata Klopp saat ditanya terkait lawan Liver­pool di Semifinal.

“Pelatih mereka adalah rajanya juara kompetisi antarklub Eropa. Laga-laga Villarreal itu impresif, mereka mampu mengan­daskan Juventus dan Ba­yern Munich,” kata Klopp.

Sementara Villarreal muncul sebagai tim yang wajib disegani, performa mereka di pentas Eropa musim ini patut diacungi jempol. Liverpool pun bisa menjadi korban selan­jut­nya.

Terlebih lagi, mereka punya kenangan buruk melawan Villarreal. Kena­ngan buruk itu terjadi ketika Liverpool bertamu ke Sta­dion La Ceramica, markas Villarreal, untuk melakoni leg pertama semifinal Liga Europa 2015-2016.

Di bawah asuhan Juer­gen Klopp, Liverpool sela­ku tim tamu ketika itu takluk dengan skor 0-1 akibat gol semata wayang Adrian Lopez pada menit ke-90+2.

Kekalahan tersebut me­nempatkan Liverpool ke dalam situasi sulit. Na­mun, mereka mampu bang­kit dan memetik kemena­ngan 3-0 pada leg kedua.

Kenangan buruk di La Ceramica mereka balas dengan kemenangan di Anfield. Kendati demikian, riwayat kekalahan di La Ceramica tetap membe­kas dalam sejarah perte­muan antara Liverpool dan Villarreal. Dengan demi­kian, Liverpool bisa saja menjadi korban sang pe­nak­luk raksasa, Villarreal, ketika bertanding pada semifinal Liga Champions 2021-2022 nanti.

Pelatih Villarreal, Unai Emery, menyadari beban berat yang dihadapi tim­nya. “Untuk mencapai se­suatu, Anda harus melaku­kan hal-hal penting dan mengalahkan favorit. Per­tan­dingan (babak 16 besar) melawan Juventus mem­beri kami banyak keper­cayaan diri,” kata dia.

“Di semifinal, kami akan mencoba mencip­takan situasi sehingga ka­mi memiliki peluang. Liver­pool adalah tim yang hebat dan Benfica juga. Ini akan menjadi semifinal yang bagus untuk dinik­mati.”

3.000 fans Villarreal datang ke Anfield

Untuk menyemangati tim di Anfiled, Klub asal Spanyol tersebut dila­por­kan berencana menang­gung biaya perjalanan 3.000 penggemarnya menuju Inggris di leg pertama semifinal Liga Champions 2021-2022.

Dari laporan media Mar­ca, ada sekitar 3.000 fans Villarreal akan datang ke Stadion Anfield Kamis 28 April 2022 dini hari WIB nanti.

Setiap penggemar di­per­kirakan butuh biaya sekitar 600 euro setara Rp9,32 juta.

Dana tersebut men­cakup biaya perjala­nan dan akomodasi selama berada di Kota Liverpool.

Managemen Villarreal dikabarkan akan menang­gung 50 persen biaya ter­sebut sekira 300 euro seta­ra Rp 4,67 juta.

Kehadiran fans tim ber­ju­luk kapal selam kuning di Stadion Anfield diharapkan bisa mendongkrak sema­ngat anak-anak asuhan Unai Emery.

Mereka membutuhkan tambahan semangat me­ngi­ngat teror suporter Li­verpool di Anfield tidak kalah seram.

Namun, pertemuan de­ngan Liverpool tentu bu­kanlah hal yang mudah. Pasalnya, skuad asuhan Jurgen Klopp itu juga kian garang.

Nah, siapa yang akan perkasa dalam laga ini? Kita tunggu saja hasilnya. (*rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top