Close

Liverpool vs Villarreal, Mane Bintangnya, Thiago Terbaik

Liverpool berhasil meraih kemenangan dua gol tanpa balas atas Villarreal dalam lanjutan leg pertama Semifinal Liga Champions di Anfield Stadium, Kamis (28/4) dini hari WIB.

Pahlawan kemenangan Liverpool atas Villarreal tak lain ada­lah Sadio Mane yang men­ce­tak gol kedua pada menit 55.

Adapun gol pembuka Liverpool terjadi akibat bunuh diri pemain Villar­real Pervis Estupinan pada me­nit 53.

Pertandingan antara Liverpool vs Villarreal ber­main imbang tanpa gol di babak pertama, meski tim tuan rumah tampil sangat dominan.

Setelah turun minum, Liverpool akhirnya ber­hasil meruntuhkan perta­hanan Villarreal usai diun­tungkan dengan gol bu­nuh diri Pervis Estupinan. Ha­nya beberapa menit ke­mudian, Sadio Mane ber­hasil mencetak gol untuk memperbesar keunggulan si Merah sekaligus memas­tikn kemenangan.

Dengan hasil ini pe­luang Liverpool lolos ke final sa­ngat besar. Liverpool minimal hasil seri atau bahkan kalah tidak lebih dari satu gol saat gantian menyambangi Villarreal di leg kedua 4 Mei 2022 men­datang.

Di sisi lain, si Kapal Selam Kuning mesti me­nang dengan selisih tiga gol untuk maju ke partai pun­cak Liga Champions.

Hasil tersebut mem­buat Liverpool mengin­jakkan satu kaki di final.

Namun, juru taktik Li­verpool, Jurgen Klopp, eng­gan jemawa. Dia me­nilai skor 2-0 belum aman untuk Liverpool karena masih ada leg II.

Sayang, tugas Liver­pool belum usai. Liverpool harus menjalani leg II di kandang Villarreal, El Madrigal, Rabu 4 Mei 2022, dini hari WIB. Oleh sebab itu, Klopp tidak mau Liverpool lengah.

“Ini adalah skor yang berbahaya. Skor 2-0 di leg I, Anda harus benar-benar waspada dan 100 persen dalam suasana hati yang tepat,” kata Klopp, dilansir dari Liverpool Echo, Kamis (28/4).

Kemenangan Liverpool atas Villarreal juga meng­hasilkan beberapa catatan menarik. Seperti rekor ba­ru Sadio Mane hingga cata­tan manis Jurgen Klopp.

Gol ke gawang Villar­real menjadikan Sadio Ma­ne sebagai pemain Afrika paling produktif di fase gugur Liga Champions. Pemain asal Senegal terse­but telah membukukan total 14 gol.

Sadio Mane menyamai catatan Didier Drogba yang pernah bermain un­tuk Chelsea. Penyerang Pantai Gading itu juga per­nah menjuarai Liga Champions 2011/2012 bersama The Blues.

Tak Terkalahkan di An­field; Sejak era European Cup, Liverpool sudah tam­pil 12 kali pada babak semifinal Liga Champions. Se­panjang penampilannya itu, The Reds tak terka­lahkan ketika bermain di Anfield.

Dari 12 pertandingan tersebut, Liverpool me­me­nangi 10 laga di antara­nya. Sisanya berakhir im­bang.

Rekor Jurgen Klopp; Klopp selalu memenangi empat pertandingan kan­dangnya pada babak semifinal Liga Champions. Tiga kali bersama Liverpool, dan satu kali bersama Bo­russia Dortmund.

Catatan tersebut men­jadi yang terbaik di antara manajer lainnya di Eropa. Dia menyamai catatan Mar­cello Lippi dan Ottmar Hitzfeld.

Thiago Terbaik

Thiago Alcantara ter­pilih menjadi pemain ter­baik dari duel Liverpool vs Villarreal.

Thiago Alcantara tam­pil luar biasa di lini tengah Liverpool. Gelandang 31 tahun itu bermain impresif baik ketika mengawali sera­ngan maupun saat mem­bantu timnya bertahan.

Pada laga ini, Thiago tampil istimewa dengan mencatatkan akurasi um­pan mencapai 96 persen. Thiago mengirim sembilan umpan jauh akurat dari sembilan percobaan.

Tak hanya itu, Thiago sempat melepas tem­ba­kan keras dari jarak jauh yang sayangnya masih digagalkan tiang gawang Villarreal.

Dari sisi defensif, Thia­go tercatat lima kali mela­kukan intersep, serta ma­sing-ma­sing sekali mela­kukan clea­rence dan tekel. (*/rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top