Close

Liverpool VS Atletico Madrid, The Reds di Atas Angin

iverpool akan menjamu Atletico Madrid pada matchday 4 Grup B Liga Champions 2021/22, Kamis (4/11).

Liverpool akan menjamu Atletico Madrid pada matchday 4 Grup B Liga Champions 2021/22, Kamis (4/11). Pertandingan UEFA Champions League di Anfield ini dijadwalkan kick-off 03:00 WIB.

Liverpool masih sempurna dan memimpin dengan sembilan poin. The Reds mampu meraih poin sem­purna dalam 3 laga terakhir yang dilakoni di fase grup.
Sementara itu, Atletico Madrid masih membuntuti di bawahnya dengan se­lisih cukup jauh, 5 angka.

Karenanya, Los Galacticos harus mampu mencuri poin penuh dari Anfield agar bisa memperpendek jaraknya dengan sang pemuncak klasemen.  Atletico memiliki empat poin, sama dengan Porto, dan cuma AC Milan yang masih tanpa poin. Liverpool akan lolos jika mampu mengalahkan Atletico, yang diperkuat sang mantan Luis Suarez, di Anfield.

Pada matchday 3, Liverpool mengalahkan Atletico 3-2 di Spanyol. Mohamed Salah menyarangkan dua gol (1 penalti), sedangkan satu gol lainnya dicetak Naby Keita. Dua gol Atletico diborong Antoine Griezmann, tapi dia juga mendapatkan kartu merah di laga tersebut. Kemenangan itu baru merupakan kemenangan kedua Liverpool da­lam tujuh pertemuan dengan Atletico (M2 S2 K3).

Liverpool baru saja me­nga­lami sedikit antiklimaks. Pasukan Jurgen Klopp­ hanya imbang 2-2 saat menjamu Brighton di Premier League akhir pekan kemarin.

Sementara itu, Atletico sukses menghantam Real Betis di laga terakhirnya. Tim besutan Diego Simeone tersebut menang berkat gol Yannick Carrasco, gol pertama Joao Felix musim ini, dan gol bunuh diri pemain lawan.

Setelah main di liga, fokus kedua tim langsung tercurah ke Liga Champions. Bagi Liverpool, ini bisa menjadi laga penentu kelolosan. Jika menang atas Atletico, atau jika mereka imbang dan Porto tak mampu mengalahkan Milan di partai lainnya, maka Liverpool akan dipastikan lolos ke babak 16 besar dengan dua laga tersisa. Liverpool bahkan juga akan dipastikan jadi juara grup jika menang, sedangkan Porto imbang atau kalah di San Siro.

Meraih kemenangan di kandang Liverpool, Stadion Alfield, bukan sesuatu yang mudah. Euforia pendukung The Reds tak bisa dimungkiri bakal memengaruhi performa para pemain Atletico.

“Kami tahu betapa bagusnya Liverpool dalam serangan balik ketika mereka maju dengan penyerang cepat mereka. Kami tahu bahwa mereka memiliki beberapa kelemahan yang bisa kami manfaatkan untuk keuntungan kami, dan kami harus memanfaatkannya lagi di pertandingan berikutnya,” kata Luis Sua­rez, striker Atletico Madrid, dilansir AS Diario.

“Kami harus memperhatikan karena selain me­ng­gunakan kekuatan itu, mereka memiliki satu pemain lagi, yaitu kerumunan Anfield, dan itu menyulitkan kami,” tambahnya.

Selain itu, The Reds punya rekor bagus saat bermain di kandang sendiri. Sejak Maret lalu, mereka tak pernah sekalipun menelan kekalahan di Anfield. Rinciannya, pasukan Jurgen Klopp meraih 9 kemenangan dan 6 hasil imbang.

Lini serang Liverpool saat ini juga sedang tajam-tajamnya. Salah satu pemain yang kian menunjukkan peningkatkan performa adalah Mohamed Salah. Striker sayap asal Mesir itu tercatat selalu berkontribusi, baik dalam gol maupun assist, dalam 10 laga beruntun semua ajang.

Kepiawaian Salah dalam menggocek bola dan melesakkan tembakan tak boleh dibiarkan begitu saja oleh barisan pertahanan Atletico. Buktinya dapat dilihat saat Salah mengobrak-abrik tembok Atletico di leg pertama. Gawang Jan Oblak saat itu jebol 2 kali gegara ulah pemain yang masuk nominasi Ballon d’Or 2021 tersebut.

Namun, Atletico sedikit bisa bernapas lega. Semua bek tengah yang dimilikinya tersedia. Stefan Savic dan Jose Gimenez sudah pulih dari cedera dan siap diturunkan. Kemenangan 3-0 atas Betis dalam lanjutan jadwal LaLiga pekan lalu juga bisa jadi dorongan moral tersendiri bagi Los Rojiblancos. Apalagi, Joao Felix, yang sudah lebih dari 5 pekan puasa gol, akhirnya mampu membukukan 1 gol dalam laga tersebut.

Liverpool dipastikan akan kehilangan Naby Keita di laga kontra Atletico besok malam. Gelandang 26 tahun itu mengalami cedera otot saat bermain melawan Brighton, Sabtu (30/10) kemarin.

Liverpool diprediksi bakal kekurangan pemain tengah. Sebab tidak hanya Keita yang absen. James, Milner, Harvey Elliott, dan Thiago juga absen. Fabinho yang biasanya jadi andalan di lini tengah juga diragukan bisa tampil.

Masalah cedera pemain juga menyerang kubu seberang, Atletico Madrid. Antoine Griezmann menjadi salah satu pemain andalan Diego Simeone yang bakal absen. Mantan penyerang Barca tersebut diskors setelah kartu merahnya di leg pertama.

Selain itu, Marcos Llorente dan Thomas Lemar juga masih menderita cedera. Tidak mungkin memaksakan salah satu di antaranya untuk tampil di laga nanti. Kabar baiknya, bek tengah Stefan Savic dan Jose Gimenez sudah pulih dari cedera. Barisan pertahanan Los Galacticos ditengarai bakal sulit dijebol oleh The Reds dengan kembalinya kedua pemain. (*/rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top