Close

Liverpool VS Aston Villa, Reuni Steven Gerrard

Liverpool akan menghadapi Aston Villa pada pekan ke-16 Premier League 2021/22, Sabtu 11 Desember 2021. Pertandingan di Anfield ini dijadwalkan kick-off 22:00 WIB.

Liverpool akan menghadapi Aston Villa pada pekan ke-16 Premier League 2021/22, Sabtu 11 Desember 2021. Pertandingan di Anfield ini dijadwalkan kick-off 22:00 WIB.

Duel ini bakal menarik. Se­bab, ini akan menjadi ajang reuni Steven Gerrard dan The Reds di Anfield.

Mantan pemain Liverpool periode 1998-2015 itu kini me­latih Villa, menggantikan Dean­ Smith sejak 11 November 2021. Sebelumnya, dia melatih Rangers periode 2018-2021 dan membawa klub itu juara liga utama Skotlandia musim 2020/21.

Villa di tangan Gerrard menjadi tim yang cukup pantas diperhitungkan. Dalam empat pertandingan bersama Gerrard sejauh ini, Villa tiga kali menang dan sekali kalah. Terakhir, Villa menaklukkan Leicester City 2-1 lewat sepasang gol Ezri Konsa.

Namun, Liverpool bakal sulit dihentikan. Pasukan Jurgen Klopp tercatat selalu menang dalam enam laga terakhirnya.

Pekan lalu, Liverpool menang dramatis atas tuan rumah Wolverhampton lewat gol injury time Divock Irigi. Di Liga Champions tengah pekan kemarin, Liverpool menaklukkan AC Milan 2-1 melalui gol-gol Mohamed Salah dan Origi (lagi).

Liverpool saat ini berada di peringkat dua klasemen sementara Premier League. Liverpool berada di belakang Manchester City dan di atas Chelsea dengan selisih masing-masing satu poin. Bagi The Reds, kemenangan atas Villa racikan Gerrard di Anfield adalah harga mati.

Liverpool baru saja menutup fase grup Liga Champion (UCL) dengan torehan sempurna, yakni menyapu bersih 6 kemenangan. Pada matchday terakhir skuad asuhan Jurgen Klopp menang 1-2 di markas AC Milan.

Kini The Reds mulai memindahkan fokus mereka ke kompetisi domestik Liga Inggris. Liverpool tengah memburu puncak klasemen EPL yang kini diduduki Manchester City dengan bekal 35 poin, alias terpaut 1 angka saja dari The Reds.

Namun demikian mereka juga tetap wajib waspada mengingat Chelsea mengintai di posisi 3, dengan koleksi 33 poin.

Di sisi lain, Aston Villa sebagai rival Liverpool pada pekan ini juga tengah memperlihatkan tren positif. Tim besutan Steven Gerrard pekan lalu berhasil menundukkan Leicester City dengan skor 2-1. Villa kini menempati tangga ke-10, dengan 19 poin. Mereka berpotensi naik ke peringkat 8, jika sanggup membawa pulang 3 angka dari Anfield.

Kemenangan atas Leicester City telah mendongkrak kepercayaan diri skuad Aston Villa jelang laga pekan ini kontra Liverpool.

“Ini benar-benar bagus. Kepercayaan diri tinggi setelah menang pada hari Minggu. Kami semua menantikan untuk bermain di Anfield, kami tahu betapa bagusnya tim mereka, tetapi kami menikmati tantangannya,” ungkap salah seorang penggawa Aston Villa, Ezri Konsa, dikutip dari laman resmi klub.

Ambisi Villa untuk merebut poin dari markas Liverpool diprediksi takkan berjalan mudah. Di samping kalah posisi klasemen, Villa juga tertinggal dalam urusan produktivitas gol dari The Reds di Liga Inggris musim ini.

Sampai saat ini The Reds sudah melesakkan total 44 gol dari 15 laga, dan menjadi yang paling tajam di Premier League. Sebaliknya Aston Villa baru membukukan 21 gol, atau belum ada setengah dari milik Liverpool.

Sedang dari sisi pertahanan, gawang Liverpool yang dikawal Allison Backer musim ini baru jebol 12 kali, berbanding 24 gol kebobolan milik Aston Villa.

Di atas kertas Liverpool tentu lebih diunggulkan ketimbang Aston Villa. Namun demikian The Reds harus tetap waspada, mengingat tim asuhan Dean Smith tak jarang memunculkan kejutan.

Liverpool kehilangan Roberto Firmino, Harvey Elliott dan Curtis Jones yang masih terbelit cedera. Akan tetapi The Reds juga mendapat tambahan ke­kuatan menyusul kem­bali­nya Joe Gomez dan Naby Keita yang baru saja pulih. Kedua pemain tersebut juga sudah turun saat bersua AC Milan di UCL tengah pekan lalu.

Untuk lini depan The Reds, Jurgen Klopp kemungkinan besar bakal langsung menurunkan komposisi trio andalan: Sadio Mane, Mohammed Salah, dan Diogo Jota.

Di kubu Aston Villa, Dean Smith tak bisa menggunakan jasa Bertrand Traore dan Leon Bailey yang masih dalam masa pemulihan cedera. Untuk meladeni agresivitas sang lawan, kubu Villa diprediksi akan menumpuk banyak gelandang dalam formasi 4-2-3-1. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top