Close

Liverpool VS Arsenal, Jaga Asa di Empat Besar

Pertandingan Liga Inggris pekan ke-12 akan menyajikan laga Liverpool vs Arsenal, Minggu (21/11) dini hari WIB.

Pertandingan Liga Inggris pekan ke-12 akan menyajikan laga Liverpool vs Arsenal, Minggu (21/11) dini hari WIB. Digelar di Anfield, baik The Reds maupun The Gunners punya misi penting menjaga asa di empat besar klasemen. Apalagi, selisih poin mereka saat ini terbilang cukup rapat.

Saat ini Liverpool dan Arsenal hanya terpaut tipis dalam klasemen EPL 2021/2021. The Reds bertengger di tangga ke-4, dengan mengantongi 22 poin. Sementara The Gunners ada di posisi 5, dengan modal 20 poin yang sama-sama diperoleh dari 11 pertandingan.

Melihat kondisi tersebut, jelas bahwa hasil laga pekan ini bakal mempengaruhi posisi kedua kubu dalam tabel. Terlepas dari itu, Liverpool menyongsong laga pekan ini dengan sebuah misi kebangkitan.

Liverpool sendiri baru saja mengalami kekalahan perdana mereka di Liga Inggris musim ini. Adalah West Ham United yang berha­sil menekuk Jordan Hen­­der­son dkk dengan skor tipis 3-2 pada 7 November lalu.

Sebaliknya, Arsenal saat­ ini tengah diliputi kepercayaan diri tinggi, usai kemenangan 1-0 atas Watford pada pekan sebelumnya. Hasil itu turut memperpanjang tren positif The Gunners yang tercatat selalu menang dalam 4 per­tandingan beruntun di semua ajang.

Meski menorehkan ca­ta­tan yang cukup impresif sebelum ditumbangkan The Hammers, The Reds tentu wajib waspada lantaran calon lawan mereka kali ini sedang dalam tren kebangkitan. Terbukti, The Reds yang notabene baru keok sekali hanya berselisih dua angka dari The Gunners yang sudah tiga kali kalah.

Anak-anak asuh Mikel Arteta bangkit dari keterpurukan usai berada di papan bawah klasemen beberapa waktu lalu. Namun bak roda yang berputar, situasi Liverpool dan Arsenal ternyata berubah seiring berjalannya waktu.
Liverpool tercatat gagal menang dua kali berturut-turut sebelum jeda internasional, padahal waktu itu mereka baru saja membantai Manchester United 5-0 dan menaklukkan Atletico Madrid 2-0 di Liga Cham­­pions.

Sementara itu, Arsenal mulai menampilkan perbaikan performa usai dihajar 1-3 Tottenham Hotspur. Meski sempat imbang kontra Brighton dan Crystal Palace, laga-laga mereka selanjutnya cukup membuat suporter semringah.

Sungguh sebuah tugas berat yang telah menanti Jurgen Klopp di depan ma­ta. Selain akan berhadapan dengan Arsenal yang sedang berburu kebangkitan, pelatih asal Jerman ini juga harus berkutat dengan daftar cedera pemain.

Sadio Mane dan Andrew Robertson mengalami cedera saat membela timnas. Nama yang pertama mungkin fit untuk dimasukkan ke starting XI, begitu pula nama kedua meski sang deputi yakni Kostas Tsimikas juga bisa diandalkan.

Kondisi Jordan Henderson mungkin akan ditunjau kem­bali jelang kick-off, namun untuk Roberto Firmino, Joe Gomez, James Milner, Naby Keita, Curtis Jones, dan Harvey Elliott, masih harus menepi dari lapangan.

Di kubu seberang, Arsenal justru mendapat kabar baik dari Thomas Par­tey yang kondisinya telah pulih. Berbeda dengan Jurgen Klopp, Mikel Arteta mungkin hanya akan kehilangan Sead Kolasinac dan Granit Xhaka.

Liverpool tentu masih berpeluang untuk meme­nangkan laga ini walau de­ngan margin skor yang tidak terlalu besar seperti 2-1 atau 3-2. Bahkan, ada kans kedua tim yang ber­tanding bakal mengakhiri duel dengan hasil imbang.

Jika ditinjau dari sisi serangan, The Reds bisa dibilang lebih baik ketimbang Arsenal. Hal itu terlihat dari torehan gol Mohamed Sa­lah dan kolega yang mampu melesakkan total 31 gol, hanya dalam 11 laga yang sudah dimainkan. Jumlah tersebut juga terhitung sebagai yang terbanyak di Liga Inggris musim ini.

Tak mengherankan jika salah satu pemain Liverpool yang ditengarai bakal menyita perhatian adalah Mohamed Salah. Penyerang berpaspor Mesir itu seolah tak pernah berhenti untuk terus memberikan kontribusi ke timnya.

Hingga EPL pekan ke-11 lalu, Salah sudah menyumbang 10 gol dan 7 assist bagi Liverpool. Salah juga tercatat sebagai top skor semen­tara Liga Inggris mu­sim ini, diikuti oleh Jamie Var­dy (Leicester City) yang baru mengoleksi 7 gol.

Tak hanya itu, pesepakbola berusia 29 tahun tersebut juga berdiri di posisi puncak top assist bersama gelandang Manchester United, Paul Pogba.

Jika Liverpool punya Salah, maka Arsenal punya modal lini pertahanan yang terbilang solid. Perlu ditekankan bahwa dalam 3 pertandingan terakhirnya, The Gunners selalu me­nang dengan catatan clean­sheet.

Arsenal menang 2-0 atas Leeds di Piala Liga Inggris, kemudian unggul 2-0 dan 1-0 atas Leicester dan Watford dalam 2 pekan terakhir EPL. Kubu Arsenal memang terkesan tidak terlalu berambisi dengan torehan banyak gol, dan lebih menekankan soal efektivitas permainan.

Hal itu terlihat jelas dengan produktivitas me­reka yang baru menyentuh 13 gol, tapi sanggup ber­tengger di tangga ke-5 Liga Inggris. The Gunners juga menjadi tim dengan pro­duktivitas gol paling rendah di posisi 5 besar saat ini.

Untuk komposisi pemain, James Milner, Joe Gomez, Harvey Elliott, dan Naby Keita adalah beberapa nama yang dipastikan absen di kubu Liverpool. Karenanya, pelatih Jurgen Klopp berpeluang menurunkan Alex Champberlain dan Thiago sebagai pendamping Fabinho di lini tengah.

Di lini depan, Klopp kemungkinan masih memilih Diogo Jota sebagai penyerang tengah. Penampilan ngotot bersama Timnas Portugal membuatnya ba­kal dipercaya menemani Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Di kubu seberang, pelatih Mikel Arteta bakal menurunkan skuad terbaiknya dalam kunjungan ke Anfield. Lini depan ma­sih diperkuat oleh duet maut Alexander Lacazette dan Pierre Emerick Au­ba­meyang.

Namun, Arsenal dipastikan kehilangan 2 pemain andalan, yakni bek tengah Sead Kolasinac dan Granit Xhaka. Sead terbelit cedera parah pada pergelangan kaki kiri, saat bermain untuk Timnas Bosnia. Sementara Xhaka masih da­lam masa pemulihannya cedera ligamen lutut me­dial.(rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top