Menu

Literasi terus Menggeliat di Ranah Minang,  H Hendri Kukuhkan Kepengurusan KPPL Tingkat Provinsi

  Dibaca : 654 kali
Literasi terus Menggeliat di Ranah Minang,  H Hendri Kukuhkan Kepengurusan KPPL Tingkat Provinsi
PENGUKUHAN--Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri mengukuhkan Kepengurusan KPPL Tingkat Provinsi Sumbar masa bakti 2019-2021 di Aula Amal Bhakti I Kanwil Kemenag Sumbar. Selasa (10/12).

PADANG, METRO – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri memberikan support penuh kepada para pegiat literasi yang ada di wilayah kerjanya. Support itu juga yang menghantarkan orang nomor satu di Kemenag Sumbar tersebut didapuk menjadi Tokoh Literasi Nasional oleh Media Guru Indonesia beberapa waktu lalu.

Menurut H. Hendri, bangsa yang maju itu karena peradaban. Bangsa yang maju peradaban itu karena banyak membaca, menulis, mengamati dan banyak melakukan apa yang ia tulis.

“Warisan intelektual yang tidak ditemukan di zaman prasejarah adalah tulisan. Dengan kata lain, apabila tidak ada tulisan sama saja kita berada di zaman prasejara, karena tulisan merupakan bentuk rekaman sejarah yang dapat diwariskan dari generasi ke generasi,” ungkapnya.

Menurutnya, aktivitas literasi adalah niscaya dan harus jadi kebiasaan, terutama bagi guru dalam merespon perkembangan zaman. Guru yang melek literasi akan melahirkan siswa yang mahir berliterasi. Ini harus dipupuk, dilatih dan terus diasah sejak dari madrasah.

Agar literasi menggeliat di Ranah Minang banyak hal yang dilakukan Hendri, mulai dari menghimbau Kepala Madrasah untuk terus memotivasi guru-guru madrasah menjadi penulis, membentuk Komunitas Penulis Pegiat Literasi (KPPL) di seluruh Kab/Kota, menggerakkan guru menjadi pegiat literasi, menggelar pelatihan menulis bagi kepala madrasah, guru serta pengawas yang bekerjasama dengan Media Guru Indonesia dan memberikan penghargaan kepada pihak-pihak terkait pengembang gerakkan ini.

Bentuk lain upaya membumikan literasi dari pimpinan lembaga ikhlas beramal tersebut dengan mengukuhkan Kepengurusan KPPL Tingkat Provinsi Sumatera Barat masa bakti 2019-2021 yang berlangsung di Aula Amal Bhakti I Kanwil Kemenag Sumbar. Selasa (10/12).

Acara yang dihadiri 217 orang pegiat literasi itu juga dihadiri Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar, Hj. Bahirni Hendri, Kabag TU, Kabid di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, Kakan Kemenag Kab/Kota yang ada di Sumatera Barat, Kasi di Bidang Pendmad dan Kasubbag Inmas Kanwil Kemenag Sumbar.

Penguatan struktur dan wadah pengelola literasi ini dirasa perlu untuk lebih memaksimalkan peran dan fungsi literasi di dunia pendidikan khususnya dan di tengah-tengah masyarakat secara umum.

Untuk itu, Kakanwil Kemenag Sumbar menerbitkan SK kepengurusan KPPL tingkat Provinsi agar memenuhi syarat MTS (massive, terstruktur dan sistematis). (hsb)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional