Close

Listrik Tanpa Kedip untuk Ajang World Superbike

FOKUS--PLN fokus pada mobilisasi peralatan seperti mobile genset, trafo dan material ke Sirkuit Mandalika.

Mandalika, METRO–Ajang balap motor berskala internasional World Superbike (WSBK) tahun 2022 kembali akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara barat pada 11 – 13 November 2022. Guna menyukseskan ajang ter­sebut, PLN memastikan kesiapan infrastruktur dan menyiagakan personel untuk memastikan pasokan listrik tetap andal dengan layanan listrik tanpa kedip atau Zero Down Time.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Sudjarwo mengatakan, per­siapan dilakukan me­nyeluruh untuk memastikan keandalan sistem, mulai dari sisi pembangkitan, transmisi 150 kiloVolt (kV) hingga jaringan distribusi 20 kV, sehingga layanan listrik tetap andal dan ber­kualitas selama gelaran berlangsung.

Setelah seluruh peralatan berada di lokasi, PLN akan melaksanakan pemeriksaan akhir dan juga simulasi untuk semua ve­nue. Ini tentunya untuk memastikan sistem yang terpasang, aman dan siap untuk melistriki WSBK.

Untuk kebutuhan listrik selama WSBK, PLN juga telah berkoordinasi de­ngan PT ITDC selaku pe­nye­lenggara ajang tersebut. Beberapa titik yang akan disuplai oleh PLN an­tara lain paddock, main pit building, race control, me­dical control, observation deck, TV Compound, VIP village dan bright store. Jumlah titik ini akan bertambah menyesuaikan de­ngan kebutuhan penyelenggara.

 “Secara garis besar, kebutuhan listriknya masih sama dengan sebelumnya. Suplai listrik untuk sirkuit Mandalika saat ini sebesar 5,19 MVA dan akan disuplai dari 3 jalur utama listrik yang berfungsi untuk menjaga keandalan sistem,” jelas Djarwo.

Pada gelaran WSBK tahun ini, PLN menyiagakan 384 petugas di 16 titik lokasi. Tiga belas unit trafo mobile, 15 unit mobile gen­set, dan 17 Uninterruptible Power Supply. (rel/ade))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top