Menu

Listrik Padam, Lilin Bakar Ruko

  Dibaca : 980 kali
Listrik Padam, Lilin Bakar Ruko
kebakaran, efa

Sebuah ruko hangus terbakar di kawasan Korong Padang Toboh, Kenagarian Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis. Diduga terbakar karena nyala lilin, saat matinya aliran listrik di kawasan itu.

PADANGPARIAMAN, METRO–Listrik padam, lilin pun digunakan untuk penerangan sebuah ruko di kawasan Korong Padang Toboh, Kenagarian Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis. Akibatnya, ruko permanen itu diduga terbakar, karena api lilin yang tak terkendali. Namun, dugaan itu masih dianggap simpang-siur oleh kepolisian dan BPBD Padangpariaman.

Kebakaran itu terjadi pada Selasa (15/9) sekitar pukul 19.00 WIB. Satu unit ruko milik Asni (60), yang sehari-hari berdagang barang kebutuhan pokok hangus dilahap si jago merah. Hingga kini kasus tersebut telah ditangani jajaran Polsek Nan Sabaris.

Kepala BPBD Padangpariaman Amiruddin menyebut, dalam kasus kebakaran tersebut korban menelan kerugian sekitar Rp150 juta. Karena semua ruko korban ludes bersama isinya. “Asal mula api masih dalam penyelidikan polisi, karena sumber api masih simpang siur,” ungkapnya.

Namun dari informasi yang dikumpulkan POSMETRO serta pantauan di lapangan, musibah kebakaran, diduga karena lilin yang dihidupkan oleh cucu Asni karena listrik tengah padam. Entah bagaimana lilin tersebut menyambar deretan botol yang berisi bensin yang selesai diisii oleh pemilik ruko. Akibatnya, api tersebut membesar. Korban bersama masyarakat melakukan upaya pemadaman.
Beruntung penghuni rumah dan perabot dapat diselamatkan oleh warga.

Api berhasil dipadamkan sejam kemudian, setelah 3 unit kendaraan damkar BPBD Padangpariaman dikerahkan ke lokasi kejadian. Tidak lama kemudian api yang membakar rumah korban dapat dijinakkan. Meski begitu rumah korban telah habis dilahap si jago merah. “Petugas langsung ke lokasi untuk memadamkan api yang menjilat rumah korban,” ujarnya.

Sementara itu, Ali (65), keluarga korban menuturkan, saat kejadian dirinya tengah bersiap menunaikan shalat Maghrib sekitar pukil 19.00 WIB. Namun dirinya kaget ketika api menjilat rumah adiknya dimamah si jago merah. Katanya, sang pemilik rumah hanya tinggal berdua dengan cucunya. Tidak lama api tersebut semakin membesar dan membakar rumah korban. Sebelumnya warga sempat menyelamatkan sebagian isi rumah korban.

“Saat itu saya mau shalat Magrib, tidak sengaja lihat ke depan rumah, namun kaget saya rumah adiknya yang di depan terbakar. Akibatnya, saya spontan mendatangi rumah korban untuk bersama-sama memadamkan api dan menyelamatkan harta benda korban. Namun, api berhasil dijinakkan petugas BPBD Padangpariaman. Korban dalam kasus tersebut menelan kerugian puluhan juta, karena ruko lengkap dengan isi dan gabung dengan rumah,” tandasnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional