Close

Lisda Hendrajono DPR: Keinginan Masyarakat Biaya Haji 2022 Tidak Naik

RAPAT— Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajono saat raoat baru baru ini.

JAKARTA, METRO–Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajono menyampaikan pihaknya sedang berjuang agar biaya haji 2022 tidak naik. Lisda bersama anggota Komisi VIII DPR lainnya memahami kondisi masyarakat yang ekonominya cukup terpukul karena krisis pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Anggota Panitia Kerja (Panja) Haji Komisi VIII DPR itu mengaku akan berjuang sekuat tenaga untuk meringankan beban masyarakat.

“Kami cari bagaimana supaya masyarakat ini tidak menambah (biaya) lagi dengan adanya pandemi ini,” ujar Lisda melalui keterangan yang diterima, Selasa (15/3). Politisi Partai Nasdem itu menyampaikan usulan kenaikan biaya haji akan dibawa ke rapat-rapat lanjutan dengan pihak-pihak terkait, khususnya di Panja Haji maupun Panja BPIH.

“Pada dasarnya kami sangat memahami keinginan masyarakat yang berharap biaya haji tidak naik,­” kata Lisda.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah mengusulkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 2022 sebesar Rp 45 juta. Usulan tersebut ia disampaikan dalam rapat bersama dengan Komisi VIII DPR pada Rabu (16/2).

Usulan biaya haji ini naik Rp 1 juta dibandingkan 2021, dan naik Rp 10 juta dibandingkan sebelum pandemi atau 2019 dengan biaya Rp 35,23 juta per jemaah. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top