Close

Lisda Hendrajoni, Perjuangakan Nornalisasi Sungai di Pessel, melalui BNPB

PESSEL METRO–Lisda Hendrajoni Anggota Komisi VIII DPR RI ( Partai NasDem) turun ke dua kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, Kecamatan Bayang dan Kecamatan Lengayang, melihat dari dekat warga terdampak banjir beberapa hari yang lalu di daerah tersebut.

Dalam kunjungan ke dua kecamatan di Pessel, Anggota DPR RI Komisi VIII menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial senilai Rp. 116 juta. Dalam bentuk makanan siap saji, serta kebutuhan masyarakat. Seperti, selimut dan pakaian.

” Inyah Allah kita akan upayakan normalisasi sungai di sejumlah titik rawan di Pesisir Selatan, melalui tanggal darurat BNPB, ” Tegas Lisda Hendrajoni.

Anggota DPR RI Fraksi Nasional Demokrat, didampingi Tim Tagana Kemensos RI juga mengalirkan bantuan untuk masyarakat yang korban banjir di Pessel lainnya seperti Kecamatan Silaut dan Lunang.

“Untuk bantuan dari Kemensos sudah kita salurkan, langsung ke Kecamatan dan Wali Nagari yang melaksanakan banjir. Khusus untuk Kecamatan Bayang dan Lengayang kita tinjau langsung ke lokasi, karena memang ada upaya lanjutan seperti normalisasi sungai atau relokasi bagi masyarakat yang tinggal di pinggir bantaran sungai,” ujar Anggota DPR RI Fraksi Nasdem tersebut.

Lisda menambahkan, penanganan ini harus segera dilakukan, melihat kondisi masyarakat kita yang terus-terusan terkena musibah, apalagi ditengah cuaca yang tak menentu jelang akhir tahun ini.

“Kita akan upayakan ini secepatnya mungkin melalui tanggap darurat BNPB ataupun nantinya relokasi ke korban yang gudangnya sudah memprihatinkan melalui bantuan Kemensos. Ini harus direspon dengan cepat, karena situasi cuaca pada sejumlah daerah di Sumatera Barat khususnya masih terbilang cukup ekstrim menjelang akhir tahun,” pungkasnya.

Didampingi oleh Camat setempat, dalam kunjungan di Kecamatan Lengayang, Lisda meninjau 6 titik lokasi rumah yang hampir ambruk karena dihantam derasnya sungai air. Camat Lengayang Alpriyendri mengapresiasi respon cepat Lisda Hendrajoni khususnya kepada masyarakat yang dilanda musibah.

“Kami mengapresiasi kunjungan dan respon cepat dari Ibuk Lisda Hendrajoni, selaku anggota DPR RI dari Sumatera Barat, terhadap warga kami yang menjadi korban bencana banjir. Kita berharap dengan dukungan dan rekomendasi beliau, usulan kami sehubungan dengan normalisasi sungai ini dapat segera terwujud, agar persoalan banjir di Kecamatan Lengayang ini dapat teratasi,” ungkap Alpriyendi.

Berdasarkan data dihimpun Pos Metro dari beberapa sumber terkait, beberapa Kecamatan di Kabupaten Pessel tersampak bencana banjir, yaitu :

Kecamatan Koto XI Tarusan, Nagari Duku Utara, Nagari Setara Nanggalo, Nagari Barung – Barung BelantaiKecamatan Bayang, Kampung Lubuk Aur Kenagarian Aur Begalung

Kecamatan Batang Kapas,;
– Kampung Jambak Ken IV Koto Hilie Banjir lebih kurang setinggi 120 Cm dari Badan jalan .
– Kampung Sungai Nyalo Banjir setinggi 1 M dari Badan jalan, Akses jalan perkampungan dari Nagari Sungai Nyalo ke Wilayah Nagari IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas tidak bisa di lalui oleh kendaraan
– Kampung Taman Ken Sungai Nyalo Banjir setinggi 1 M dari Badan J.
– Kampung Baru Tuik Ken Tuik IV Koto Mudiek Banjir setinggi 80 cm dari Badan Jalan
– Kampung Lubuak Nyiur Ken IV Koto Mudiek Banjir setinggi 50 cm dari Badan
– Kampung Limau Manis Ken Koto Nan Tigo IV Koto Hilie Banjir setinggi 30 cm dari Badan Jalan
– Kampung Pasar Taluak Ken Koto Nan Taluak Banjir setinggi 30 cm dari Badan Jalan
– Kampung Koto Keduduk Ken Taluak Tigo Sakato Banjir setinggi 40 Cm dari badan jalan
– Kampung Koto Panjang Ken Taluak Tigo Sakato Banjir setinggi 30 Cm dari badan jalan

Kecamatan .Lunang Silaut, Nagari lubuk Bunta (Banjir menggenangi beberapa rumah dan perkebunan setinggi 30 Cm), Nagari Air Hitam kecamatan Silaut. Banjir menggenangi beberapa rumah warga dan perkebunan warga setinggi 30 M,

Jembatan penghubung Silaut IV menuju Silaut V tergenang air sungai yang meluap setinggi lebih kurang 70 Cm dan belum bisa dilewati kendaraan, dan Nagari Talang Binjai . Banjir menggenangi rumah warga dan 1 unit Pustu dengan ketinggian 30 CM.

Sementara itu, berdasarkan data rekapitulasi BPBD Pessel banjir di Kabupaten Pesisir Selatan tanggal 16 November 2022,

Kecamatan Koto XI Tarusan ; Banjir terjadi di Nagari Duku jembatan dua dan jangan (200 KK), Kapuh Utara (32 KK),Kapuh (30 KK), Jinang Kampung Pancur (100 KK), Duku Utara (198 KK) dan Siguntur Tua ( 1 KK)

Kecamatan Bayang ; banjir Aur Begalung (650 KK), Kapeh Panji (120 KK) dan Gurun Panjang (200 KK)

Kecamatan Batang Kapas ; Banjir Koto Hilir ( 159 KK), Sunggai Nyalo (150 KK) dan Tuik (885 KK). ( Rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top